Sukses

Telkomsel Tambah 192 BTS 4G dan Kapasitas Jaringan untuk Dukung PON XX Papua 2021

Telkomsel menambah 192 BTS 4G dan kapasitas jaringan untuk mendukung perhelatan pesta olahraga nasional terbesar PON XX Papua 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel sebagai bagian dari TelkomGroup selaku Official Platinum Telco Partner PON XX Papua 2021 siap mendukung ketersediaan akses layanan telekomunikasi seluler di momen Pekan Olahraga Nasional/ PON XX Papua 2021.

Berkolaborasi dengan TelkomGroup, Telkomsel mematangkan berbagai upaya perencanaan mulai dari penyediaan infrastruktur jaringan maupun jaminan ketersediaan layanan broadband yang memadai selama berlangsungnya PON. PON bakal digelar pada 2-15 Oktober 2021.

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam mengatakan, PON XX Papua 2021 merupakan perhelatan ajang olahraga nasional terbesar di Indonesia pertama yang digelar di tengah pandemi sekaligus menjadi yang pertama dihelat di wilayah Indonesia bagian Timur.

"Telkomsel pun berkomitmen untuk membuka peluang dan kesempatan yang lebih luas bagi para atlet, official, volunteer, pengunjung, hingga masyarakat Papua dalam mendapatkan akses jaringan komunikasi maupun layanan data melalui pemanfaatan teknologi broadband terdepan dari Telkomsel, selama PON berlangsung," kata Hendri, dikutip dari keterangan Telkomsel, Jumat (24/9/2021).

Infrastuktur jaringan broadband yang telah dipersiapkan Telkomsel di antaranya penambahan 192 BTS 4G/LTE.

Selain itu Telkomsel juga meningkatkan kapasitas dan kualitas dengan membangun sistem indoor di Stadion Lukas Enembe, pengoperasian tambahan 12 Combat yang akan dimobilisasi di berbagai titik prioritas.

Mobile BTS (Combat) antara lain ditempatkan di tiga bandara, media center, PB PON, 31 hotel, 47 main venue, jalan protokol, dan lokasi wisata.

Disebutkan, berbagai persiapan infrastruktur telah dilaksanakan sejak April 2021. Persiapan ini merupakan antisipasi terjadinya lonjakan trafik layanan data dan kebutuhan layanan komunikasi untuk mengabadikan keseruan selama PON berlangsung.

Adapun PON dijadwalkan berlangsung di empat kluster kota utama, yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pastikan Pasokan Energi

Tidak hanya menambah kapasitas, Telkomsel memastikan kesediaan pasokan energi listrik untuk BTS prioritas dengan menyiagakan puluhan genset, puluhan Support Catu Daya (SCD) Mobile, serta optimalisasi kapasitas baterai di setiap BTS.

Seluruh kesiapan infrastruktur jaringan Telkomsel juga didukung dan berkoordinasi secara intensif dengan TelkomGroup guna mendapatkan akses layanan telekomunikasi yang prima.

Telkomsel juga telah mempersiapkan beragam program dan produk unggulan yang dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat selama perhelatan acara berlangsung.

Produk unggulan yang telah dipersiapkan antara lain kartu perdana Telkomsel Prabayar dengan paket khusus berisi kuota data hingga 40GB, layanan akses UMB “Torang Bisa” di *363*020# untuk mempermudah pembelian paket.

Selain itu juga program Reward PON XX Papua 2021 berupa Telkomsel POIN yang dapat ditukar dengan merchandise menarik bagi pelanggan setia Telkomsel di Papua yang tersedia di GraPARI, Mobile Grapari dan booth Telkomsel.

Telkomsel juga menghadirkan layanan asisten virtual PON yang dapat membantu pelanggan, atlet dan official dalam mendapatkan berbagai informasi terkait produk, layanan, hingga program terbaru Telkomsel.

Hendri mengatakan, untuk mempermudah mendapatkan produk Telkomsel, pihaknya menghadirkan berbagai titik penjualan dan layanan Telkomsel di booth TelkomGroup. Lokasinya ada di bandara, seluruh venue PON, tremasuk Stadion Lucas Enembe, hingga tempat penginapan altet dan official.

Telkomsel juga menghadirkan beberapa pusat layanan, seperti 6 GraPARI, 7 Mobile GraPARI, 28 booth dan ketersediaan produk di 327 outlet yang tersebar di Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Timika untuk kebutuhan pergantian kartu, migrasi kartu 4G, dan aktivasi paket.

3 dari 4 halaman

Demo 5G

Bukan hanya itu, selama PON XX Papua 2021 berlangsung, operator 5G pertama di Indonesia ini akan menghadirkan pusat eksperien 5G di Stadion Lucas Enembe. Dengan begitu, masyarakat Papua bisa mencoba layanan 5G dengan berbagai use case.

Use case yang dihadirkan mulai dari menyaksikan secara virtual keseruan pada saat opening dan closing ceremony di dalam Stadion Lucas Enembe dengan menggunakan teknologi 360 virtual reality (VR) hingga menikmati konten edukatif terkait VR experience tentang keindahan akan budaya dan alam Papua.

“Berbekal pengalaman saat mengoptimalisasi jaringan dan layanan di Asian Games 2018, serta melalui berbagai persiapan yang sudah dilakukan sejak April 2021, Telkomsel optimis dapat memberikan layanan berkualitas serta akses layanan broadband berteknologi terdepan seperti 4G/LTE di wilayah-wilayah perhelatan PON XX Papua 2021," kata Hendri.

Ia berharap, dukungan Telkomsel dalam PON kali ini bisa mengoptimalkan berbagai potensi generasi muda Papua untuk terus berkembang dan terhubung dengan peluang baru.

(Dam/Tin)

4 dari 4 halaman

Infografis Jaringan 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.