Sukses

Waspada, Jangan Klik Situs Web PeduliLindungi Palsu: Pedulilindungia.com

Ditemukan situs farming dengan nama dan tampilannya persis PeduliLindungi.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di grup WhatsApp mengenai situs web palsu PeduliLindungi dengan alamat http://www.pedulilindungia.com/. Dalam pesan tersebut terdapat imbauan untuk jangan mengakses situs tersebut karena bisa mengumpulkan data pribadi.

"Teman2, hati2 ya. Ditemukan situs "farming" nama dan tampilannya persis pedulilindungi. Tapi ini situs palsu. http://www.pedulilindungia.com/," demikian isi pesan tersebut.

"Perhatikan urlnya pedulidingungiA.com ada huruf A nya. Situs ini mengumpulkan data2 pribadi kita. Jangan akses situs ini. Jadi kalau ada dapat sebaran soal pedulilindungi dan disuruh click link, perhatikan linknya."

Tekno Liputan6.com, Kamis (9/9/2021), mencoba untuk mengecek situs web palsu itu. Hasilnya, website tersebut sudah tidak dapat ditemukan dan kemungkinan sudah diblokir pemerintah.

"Situs yang ingin Anda kunjungi sudah tidak dapat ditemukan. Pastikan Anda mengakses nama web yang benar," demikian yang tertulis dalam laman itu.

Terkait hal ini, Tekno Liputan6.com telah menghubungi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) untuk meminta penjelasan lebih lanjut. Namun hingga berita ini naik, belum ada jawaban.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemkominfo Minta Masyarakat Download PeduliLindungi dari Sumber Resmi

Pun demikian, sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) meminta agar masyarakat tidak men-download aplikasi PeduliLindungi dari sumber-sumber yang tidak terpercaya.

Devie Rahmawati, Tenaga Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Rabu (8/9/2021), mengatakan bahwa PeduliLindungi bisa diunduh seperti di Google Play Store dan App Store.

"Hati-hati dengan link yang bisa jadi bukan link resmi, yang justru mungkin bisa membahayakan," kata Devie dalam diskusi daring Kemkominfo dan KPCPEN, dikutip dari siaran YouTube FMB9ID_IKP.

"Jadi artinya silahkan unduh di tempat yang memang sudah dipastikan merupakan tempat di mana aplikasi tempat untuk diunduh tersebut berada, yaitu di Google Play Store atau App Store misalnya," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Cek Sertifikat Vaksin Covid-19 di Situs PeduliLindungi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.