Sukses

Twitter Siapkan Bitcoin Sebagai Pembayaran dalam Fitur Tip Jar

Sebuah laporan mengungkapkan bahwa Twitter sedang bekerja untuk memungkinkan bitcoin bisa digunakan untuk pembayaran di fitur Tip Jar

Liputan6.com, Jakarta - Twitter dikabarkan akan memperluas jenis pembayaran untuk fitur Tip Jar, yaitu berupa bitcoin.

Tip Jar sendiri diluncurkan pada tahun ini dan belum tersedia secara luas di dunia. Dikutip dari Ubergizmo, Jumat (3/9/2021), fitur ini memungkinkan pengguna Twitter memonetisasi akun mereka.

Jika memonetisasi akun mereka dengan fitur Twitter tersebut, kreator atau sebuah organisasi bisa mendapatkan uang "tip" sebagai bentuk dukungan dari pengguna lain untuk akun mereka.

Saat pertama kali diluncurkan, Tip Jar memungkinkan seseorang untuk menggunakan Bandcamp, Cash App, Patreon, PayPal, dan Venmo sebagai metode pembayaran mereka.

Namun, sebuah laporan tentang pembaruan beta menyebutkan Twitter tengah bekerja untuk memungkinkan bitcoin bisa digunakan dalam fitur tersebut.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rencana Twitter Gunakan Bitcoin

Rencana penggunaan bitcoin untuk Tip Jar sendiri juga dibagikan oleh peneliti dan pengembang aplikasi Alessandro Paluzzi di akun Twitternya.

"Twitter sedang bekerja untuk mampu menerima tips di Bitcoin," tulis Paluzzi.

Berdasarkan laporan tersebut, dikutip dari Engadget, Twitter berencana menggunakan Strike untuk membuat faktur (invoice) Bitcoin Lightning.

Ini akan memanfaatkan Lightning Network dengan tujuan memungkinkan pembayaran lebih cepat dengan biaya yang lebih rendah, dibandingkan jaringan bitcoin utama.

Product Lead Twitter, Kayvon Beykpour, yang mengutip Tweet Paluzzi juga memberikan komentar berupa dua emoji yaitu simbol petir dan tulisan "soon" atau segera.

3 dari 4 halaman

CEO Twitter Dukung Bitcoin

Tidak mengejutkan apabila Twitter berencana mulai menggunakan mata uang kripto untuk pembayaran, mengingat sang CEO Jack Dorsey, merupakan salah satu pendukung dari bitcoin.

Pada Juli lalu, ia mengatakan bahwa memiiki harapan bahwa mata uang digital bisa membawa perdamaian dunia.

Dikutip dari Tech Crunch, Dorsey juga mengatakan kepada para investor bahwa bitcoin akan memiliki bagian besar dalam masa depan perusahaan tersebut.

Dorsey juga mengungkapkan rencananya untuk mengintegrasikan cryptocurrency ke dalam produk dan layanan Twitter seperti jual-beli, langganan, serta Tip Jar dan Super Follows.

Meski begitu, mengutip laman resmi Twitter, fitur Tip Jar masih tersedia dalam bahasa Inggris.

Twitter hanya mengatakan bahwa mereka berencana untuk meluncurkan fitur tersebut secara lebih luas dan menambahkan lebih banyak layanan pembayaran global.

(Gio/Ysl)

4 dari 4 halaman

Infografis Bitcoin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.