Sukses

Bangladesh Perintahkan Blokir PUBG Mobile dan Free Fire, Apa Alasannya?

Pemerintah Bangladesh mengeluarkan perintah untuk memblokir PUBG Mobile dan Free Fire.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi regulator telekomunikasi Bangladesh (BTRC) meminta kepada Departmen Telekomunikasi untuk memblokir game online seperti PUBG Mobile dan Free Fire. Permintaan blokir ini mengikuti arahan dari Pengadilan Tinggi.

Wakil Ketua BTRC Subrata Roy Maitra mengatakan, badan tersebut sudah memulai proses pemblokiran setelah menerima perintah pengadilan untuk memutus akses atas aplikasi dan software berbahaya selama tiga bulan terakhir.

Mengutip Republic World, Jumat (27/8/2021), Departemen Telekomunikasi telah diminta untuk mengambil tindakan pemblokiran terhadap game PUBG Mobile dan Free Fire.

"Regulasi telekomunikasi juga menyiapkan daftar aplikasi berbahaya lainnya, termasuk Bigo Live, TikTok, dan Likee," katanya.

Maitra mengatakan, pihaknya akan memblokir aplikasi yang bisa diblokir. Pasalnya larangan penuh tidak mungkin dilakukan karena kesulitan teknis, pasalnya sejumlah layanan masih bisa diakses melalui VPN.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemblokiran atas Perintah Pengadilan Tinggi

"Kami akan menulis surat kepada pihak berwenang yang bertanggung jawab atas aplikasi ini untuk meminta menghapusnya," kata Maitra.

Sebelumnya pada 16 Agustus 2021, Pengadilan Tinggi di Bangladesh memerintahkan penghapusan segera terhadap game dan aplikasi yang dianggap merusak dan berbahaya.

"Berdasarkan keputusan sidang, para responden diarahkan untuk melarang, menghapus, atau menghapus seluruh tautan internet terhadap PUBG, Free Fire, dan semua game online sejenis dalam waktu 3 bulan sejak diputuskan," tulis perintah pengadilan tinggi tersebut.

3 dari 4 halaman

India juga Pernah Blokir PUBG

Bicara mengenai pemblokiran PUBG dan aplikasi lainnya, sebelumnya pemerintah India melarang lebih dari 200 aplikasi dan game besutan pengembang Tiongkok.

PUBG Mobile, TikTok, Likee, UC Browser, dan WeChat termasuk yang diblokir karena dianggap merupakan ancaman keamanan nasional.

Namun, PUBG Mobile versi India kembali diluncurkan di negara tersebut pada Juli 2021 dengan nama Battlegrounds Mobile India.

(Tin/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Dampak Main Game Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.