Sukses

Facebook Luncurkan Fitur Kunci Akun Sekali Klik untuk Pengguna Afganistan

Facebook meluncurkan fitur "one click" untuk mengaktifkan perlindungan privasi bagi para pengguna mereka di Afganistan.

Liputan6.com, Jakarta Facebook meluncurkan sebuah fitur baru untuk membantu masyarakat Afganistan mengunci akun mereka dan menjaga privasinya lebih terlindungi.

Langkah itu diambil Facebook terkait dengan situasi yang terjadi di negara itu, usai Taliban mengambil alih kekuasaan di Afganistan beberapa waktu lalu.

Head of Security Facebook Nathaniel Gleicher juga telah mengonfirmasi adanya fitur privasi tersebut dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya.

Mengutip Engadget, Jumat (20/8/2021), dengan fitur tersebut, pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg itu bisa mengaktifkan pengaturan privasi mereka hanya dengan sekali klik.

"Selama seminggu terakhir, tim kami telah bekerja sepanjang waktu untuk melakukan segala yang kami bisa untuk membantu menjaga orang tetap aman," ujarnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Bisa Lihat Unggahan

Dengan fitur tersebut, orang lain nantinya tidak akan bisa mengunduh atau membagikan foto profil pengguna, serta tidak bisa melihat unggahan di linimasa.

Gleicher menambahkan, fitur-fitur keamanan tersebut diperoleh berdasarkan masukan dari para aktivis, jurnalis, serta kelompok masyarakat sipil.

"Saya juga menyertakan tautan ke beberapa panduan keamanan daring yang berguna bagi jurnalis dan aktivis dari pakar masyarakat sipil," kata Gleicher.

"Kami telah meluncurkan alat sekali klik bagi orang-orang di Afganistan untuk mengunci akun mereka dengan cepat," ia mempertegas.

3 dari 4 halaman

Dorong Pengguna Afganistan Lindungi Privasi

Selain itu, Facebook juga menghapus fitur untuk melihat dan mencari daftar teman untuk akun Facebook di Afganistan , demi melindungi orang-orang agar tidak menjadi sasaran.

Gleicher pun mendorong pengguna Facebook di Afganistan untuk mengatur privasi mereka, serta menyembunyikan sementara daftar akun pertemanan.

Sementara itu untuk Instagram, Gleicher mengatakan mereka sudah meluncurkan fitur berupa peringatan pop up di Afganistan , dengan langkah-langkah spesifik tentang cara melindungi akun pengguna.

"Kami bekerja sama dengan rekan-rekan kami di industri, masyarakat sipil, dan pemerintah untuk memberikan dukungan apa pun yang kami bisa untuk membantu melindungi orang-orang," imbuhnya.

(Dio/Isk)

4 dari 4 halaman

Infografis Taliban Rebut Kabul, Afghanistan Genting

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.