Sukses

Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 yang Rilis 11 Agustus 2021

Liputan6.com, Jakarta - Samsung akan menggelar acara peluncuran global untuk perangkat Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 melalui Galaxy Unpacked pada Rabu, 11 Agustus 2021, malam ini.

Di antara berbagai perangkat yang akan dirilis, dua smartphone layar lipat itu juga akan diperkenalkan.

Berdasarkan sejumlah bocoran, Samsung disebut-sebut akan merilis smartphone layar lipat tersebut. Kedua smartphone ini merupakan penerus dari Galaxy Z Fold dan Flip yang dirilis sebelumnya, namun hadir dengan penyempurnaan desain dan spesifikasi terbaru.

Dikutip dari The Verge, Rabu (11/10/2021), Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 akan hadir dengan opsi warna baru. Untuk Galaxy Z Flip 3, perubahan ada pada frame kamera luar yang didesain ulang.

Salah satu fitur yang ada di Galaxy Z Fold 3 adalah layar yang mendukung penggunaan stylus atau pada Samsung bernama S Pen.

Seperti diketahui, Samsung telah mengkonfirmasi bahwa tidak akan ada Galaxy Note seri terbaru di tahun 2021 ini.

Galaxy Z Fold 3 menjadi smartphone flagship baru Samsung yang mendapatkan akses ke fitur S Pen yang mulanya eksklusif untuk Galaxy Note series.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bocoran Galaxy Z Fold 3

Berdasarkan bocoran gambar dari 91Mobile dan SamMobile, Galaxy Z Fold 3 akan memiliki casing opsional yang bisa menampung stylus S Pen Samsung, ketika perangkat sedang tidak dipakai.

Masih berdasarkan bocoran, Samsung disebut-sebut memberikan ketahanan air pada smartphone ini, melalui sertifikat IPX8. Galaxy Fold terbaru juga kabarnya menawarkan sejumlah opsi warna, yakni hijau, hitam, dan silver.

Perangkat ini didukung chipset flagship Snapdragon 888 dari Qualcomm. Sementara dari segi fisiknya, Galaxy Z Fold 3 didukung layar 7,55 inci dan layar eksternal seluas 6,23 inci. SamMobile menyebut, kedua layar digadang-gadang bisa menampilkan refresh rate 120Hz.

Dari sisi kamera, leaker Evan Blass menyebut, Galaxy Z Fold 3 akan didukung tiga kemara belakang dengan resolusi masing-masing 12MP. Di mana, salah satu kamera adalah ultra-wide dan yang lain adalah telephoto.

Sementara di bagian dalam, terdapat kamera selfie dengan resolusi 10MP. Ada kabar pula, kamera selfie hanya beresolusi 4MP namun ditempatkan di bawah panel layar Fold.

3 dari 4 halaman

Galazy Z Flip 3

Sementara itu, Galaxy Z Flip 3 kabarnya didukung dengan desain eksterior yang berbeda dibanding pendahulunya. Di bagian luar, terdapat dua kamera dengan resolusi masing-masing 12MP.

Terdapat pula layar di bagian cover dengan ukuran 1,9 inci. Layar ini digunakan untuk menampilkan notifikasi dan kamera selfie.

Masih berdasarkan bocoran dari leaker Evan Blass, Galaxy Z Flip 3 akan hadir setidaknya dalam empat opsi warna yakni light purple, light yellow, grayish green, dan black.

Layar utamanya dikabarkan memiliki ukuran sama dengan versi sebelumnya yakni 6,5 inci. Namun, pada Galaxy Z Flip 3 ini didukung refresh rate 120Hz. Terdapat pula punch hole untuk menempatkan kamera selfie 10MP.

The Verge menulis, mungkin di bagian layar tidak ada peningkatan drastis, namun dari sisi bezel layar lebih tipis dibanding versi sebelumnya.

Seperti Z Fold 3, Galaxy Z Flip 3 akan didukung chipset Snapdragon 888 dan RAM 8GB.

4 dari 4 halaman

Galaxy Watch dan Earbuds

Bukan hanya Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3, Samsung juga kabarnya akan merilis Galaxy Watch 4 Classic dan Galaxy Watch Active 4.

Di mana, kini Samsung dan Google bermitra dengan menghadirkan Wear OS 3 sebagai sistem operasi pada jam pintar tersebut. Keduanya disebut-sebut sebagai Jam pintar pertama Samsung yang menjalankan Wear OS 3.

Galaxy Watch 4 Classic kabarnya didukung rotating bezel dengan opsi ukuran 42mm, 44mm, dan 46mm. Galaxy Watch 4 Classic juga dikabarkan hadir dalam dua opsi material yakni aluminium dan stainless steel. Keduanya sama-sama mendukung ketahanan air hingga kedalaman 50mm.

Sementara, Galaxy Watch 4 Active kabarnya akan hadir dalam dua opsi ukuran, yakni 40mm dan 44mm. Ada sejumlah opsi warna yang ditawarkan, yakni black, olive green, rose gold, atau silver dengan sejumlah kustomisasi tali atau strap.

Perusahaan asal Korea Selatan ini juga dikabarkan akan memperbarui jajaran earbuds nirkabelnya dengan Galaxy Buds 2.

Galaxy Buds 2 digadang-gadang hadir dalam sejumlah warna baru, peningkatan kemampuan reduksi kebisingan, hingga dukung eartips silicon, seperti pada Galaxy Buds Pro.

Adapun warna baru Galaxy Buds kabarnya adalah green, pink, black, dan white. Belum diketahui berapa kapasitas baterai Galaxy Buds 2.

Namun berdasarkan listing di FCC yang dilihat XDA Developer, Galaxy Buds 2 akan didukung baterai 500mAh (charging case) dan tiap sisi bud memiliki baterai 60mAh.

(Tin/Isk)