Sukses

TikTok Besut Fitur Baru, Kreator Bisa Tambahkan Aplikasi ke Video

Liputan6.com, Jakarta - TikTok mengumumkan fitur baru. Fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan aplikasi mini bernama Jump ke dalam video kreasinya.

Misalnya, ketika seorang kreator membuat video tutorial memasak, mereka dapat menautkan link ke aplikasi resep Whisk.

Dengan begitu, para penonton bisa melihat resep dari masakan tersebut di dalam aplikasi TikTok, hanya dengan mengklik tombol.

Mengutip The Verge, Selasa (22/6/2021), kini fitur baru TikTok tersebut tengah diuji coba.

Baru segelintir kreator yang memiliki kemampuan menautkan Jump ke video mereka. TikTok mengatakan, fitur barunya akan digulirkan setelah pengujian lebih lanjut.

Ketika menonton sebuah video dengan Jump, penonton akan bisa melihat sebuah tombol yang ada di dasar layar. Ketika diklik, penonton bisa membuka konten di Jump dalam satu layar baru di dalam TikTok.

2 dari 3 halaman

Pengujian Fitur Jump

Kreator yang membuat video bisa memilih sebuah Jump untuk ditambahkan, kemudian mengustomisasi konten yang akan dilihat penonton setelah men-tap Jump.

Sekadar informasi, selama beberapa bulan terakhir TikTok memang tengah menguji Jump, kini uji coba dilakukan ke lebih banyak kreator.

Selama pengembangan dan masa pengujian beta, TikTok bekerja sama dengan sejumlah perusahaan dalam mengembangkan Jump. Misalnya perusahaan seperti Whisk, Wikipedia, hingga Tabelog.

Dalam pengumumannya, TikTok mengatakan, perusahaan seperti BuzzFeed dan IRL akan segera memiliki Jump. TikTok juga membuka aplikasi bagi pengembang yang ingin membuat pengalamannya sendiri.

3 dari 3 halaman

Snapchat Duluan

Kepada The Verge, TikTok mengatakan, pengembang mana pun dapat bergabung namun perusahaan akan mengevaluasi pengajuan berdasarkan kegunaan dan manfaat aplikasi bagi penonton.

Para kreator yang bergabung dalam keanggotaan Creator Fund dapat menambahkan sebuah Jump di video ciptaan mereka. Sementara TikTok bertugas memantau apakah Jump berperforma baik.

TikTok bukanlah perusahaan pertama yang memperkenalkan ide ini. Snapchat juga memiliki fitur serupa bernama Minis. Minis memungkinkan pengguna untuk berbagi dan menggunakan aplikasi atau gim kecil bersama teman-temannya.

Seperti Jumps, Minis dibesut menggunakan pemrograman HTML5 yang membuat proses pengerjaannya relatif sederhana.

(Tin/Ysl)