Sukses

Monitoring Aktivitas Digital Anak dan Edukasi Lewat Tablet Canggih

Upaya orang tua untuk senantiasa memonitoring aktivitas digital anak sekaligus mengedukasi anak semakin terbantu dengan hadirnya tablet canggih.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi digital yang pesat membuat anak-anak zaman sekarang semakin 'digital native'. Mereka sudah sangat akrab dengan teknologi dan gadget. Tidak sedikit dari mereka bahkan lebih pandai menggunakan gadget daripada orang tuanya.

Dalam kaitan dengan tumbuh kembang dan pendidikan anak, peran orang tua tetap sangat penting mendampingi dan mengawasi perilaku buah hati saat menggunakan perangkat digital. Sebab kemudahan akses informasi tanpa batas tidak hanya memberikan dampak positif dan memperluas wawasan, tapi juga ada dampak buruk pada perilaku anak.

Beruntungnya, upaya orang tua untuk senantiasa bisa memonitoring aktivitas digital anak semakin terbantu dengan hadirnya gadget terbaru dari Olike yakni Edutab E1 dan E3.

Olike yang meluncurkan tablet terbaru ini pada awal Mei 2021 lalu. Bukan sembarang gadget, EduTab E1 dan E3 dirancang untuk mendorong anak-anak agar bisa mengeksplorasi berbagai ilmu pengetahuan yang luas tanpa batas lewat dunia digital secara aman. Fitur-fitur yang hadir tidak hanya memudahkan anak, melainkan juga orang tua dalam memantau kegiatan digital anak.

Stylus Pen - Eye Protection

Olike menghadirkan stylus pen dengan high sensitivity yang bisa menghasilkan goresan yang smooth dan detail. Sehingga anak-anak bisa bebas berekspresi dan mengeksplorasi banyak hal dengan kreasi tangannya. 

Ada fitur eye protection untuk melindungi mata anak dengan cara memberikan peringatan apabila jarak terlalu dekat atau kurang dari 30 cm. Peringatan juga akan muncul apabila pemakaian dalam kondisi terguncang non stop selama 3 menit, misalnya penggunaan di dalam perjalanan. Menonton dalam kondisi bergerak tentu ini berbahaya buat mata anak dalam jangka panjang.

Selain itu, fitur pengaturan pencahayaan Olike EduTab ini juga bisa menyesuaikan cahaya di sekitar mata agar anak bisa tetap nyaman saat menggunakannya. Jika cahaya terlalu terang, lampu tablet otomatis akan berkurang. Begitu pun sebaliknya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Monitoring Jarak Jauh dan Time Management

Olike EduTab E1 dan E3 didukung fitur-fitur canggih yang dapat membantu orang tua bisa memantau dan mengontrol penggunaan gadget dari jarak jauh. 

Caranya mudah sekali, Ayah dan Bunda cukup menginstall aplikasi Olike Edu App yang terkoneksi dengan Olike EduTab. Dengan begitu, anak-anak tetap bisa menjelajahi dunia maya dengan pengawasan orang tua. Dengan fitur ini orang tua tidak lagi perlu khawatir dengan waktu penggunaan gadget pada anak.

Tidak sekadar mengawasi, gadget ini juga bisa membantu orang tua dalam memilih dan menginstall serta membatasi penggunaan yang menurut mereka nggak dibutuhkan oleh anak.

Fitur lainnya adalah time management yang memudahkan orang tua mengatur penggunaannya pada anak, juga fitur locating karena terkadang anak seringkali lupa dimana mereka meletakan barangnya. Selain itu ada fitur daily schedule agar orang tua bisa membuat pengingat pada perangkatnya sehingga kegiatan anak sehari-hari dapat lebih teratur.

Olike EduTab E1 dan E3 memiliki varian warna silver dan black. Desainnya sendiri nggak kalah keren karena dibekali dengan bahan metal cover dengan tampilan smooth matte. 

Olike EduTab E1 dibekali dengan layar 8 inch dan baterai sebesar 4.000 mAh dengan waktu standby hingga 7 jam untuk penggunaan aktif. Gadget ini memiliki kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP yang mendukung pembelajaran jarak jauh. Memiliki 3GB RAM dan 32GB ROM untuk mendukung kinerja tetap unggul dalam menemani anak-anak mengeksplorasi banyak hal. 

Sementara itu, Olike EduTab E3 dibekali dengan layar 10 inch yang membuat anak bisa menikmati layar lebih luas dengan dukungan baterai 7.200 mAh yang memiliki waktu standby 13 jam. Memiliki kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP yang bisa mendukung school from home jadi lebih maksimal. Dukungan RAM 4GB dan ROM 64GB yang dibenamkan chipset Helio P35 2.3 GHz memberikan performa unggul di kelasnya.

3 dari 3 halaman

Smart Sajadah 2

Di bulan Mei ini, Olike juga meluncurkan Smart Sajadah 2 dengan fitur-fitur baru yang lebih banyak dan membuat anak-anak semakin rajin untuk beribadah dan belajar sholat. Bedanya dengan versi satu yang pertama kali rilis September lalu, Olike Smart Sajadah 2 memiliki dua versi bacaan, yaitu doa iftitah, ruku, dan sujud.

Secara keseluruhan, Olike Smart Sajadah 2 ini punya 26 autoplay shalat, yaitu shalat wajib 5 waktu, shalat Jumat, 16 shalat sunnah, dan 4 shalat Jamak. Kerennya lagi, ada miniatur masjid multifungsi di bagian depan yang merupakan mesin dengan speaker yang mengeluarkan suara sekaligus berfungsi sebagai kompas pengarah kiblat. 

Sensor gerakan shalat juga menyala disesuaikan dengan bacaan salat yang membimbing anak melakukan gerakan dengan benar. Selain itu, ada juga penghitung jumlah rakaat digital yang menampilkan berapa jumlah rakaat yang dijalankan dalam mode autoplay.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini