Sukses

Facebook Gelar Pelatihan WhatsApp Business untuk Pedagang Pasar Jelang Ramadan 2021

Liputan6.com, Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan kampanye bertajuk Bulan Kebaikan menyambut Ramadan 2021. Kampanye itu dihadirkan dalam tiga kegiatan, seperti jelajahi kebaikan, inspirasi kebaikan, dan ekspresikan kebaikan.

Salah satu bentuk inisiatif dari kegiatan inspirasi kebaikan yang diadakan Facebook bertajuk Pasar JuWAra. Inisiatif ini hadir untuk membantu para pelaku UMKM di pasar meningkatkan penjualannya memanfaatkan layanan WhatsApp.

Menurut Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, Esther Samboh, inisiatif ini hadir karena ada keterbatasan yang dirasakan masyarakat selama pandemi, baik pegadang maupun konsumen. Untuk itu, inisiatif ini dihadirkan WhatsApp agar dapat menjembatani keterbatasan tersebut.

"Banyak pedagang pasar kehilangan pasarnya, sedangkan konsumen banyak melakukan belanja online. Jadi, WhatsApp mencari cara agar masyarakat tetap dapat belanja online dan pedagang pasar tetap bisa mendapatkan konsumen," tuturnya saat konferensi pers, Jumat (9/4/2021).

Adapun bentuk dukungan yang dihadirkan WhatsApp adalah memberikan pelatihan para pedagang pasar untuk memanfaatkan fitur WhatsApp Business. Dalam inisiatif ini, WhatsApp bermitra dengan UKM Indonesia.

"Jadi, kami ingin memperlihatkan sekarang bisa lho belanja online di pasar dengan memanfaatkan WhatsApp," ujar Esther melanjutkan. Inisiatif ini menargetkan lebih dari 1.000 pedagang pasar di 22 kota di 15 provinsi.

WhatsApp juga menggandeng sejumlah figur publik di tiap wilayah untuk mendukung inisiatif ini, seperti Alyssa Subandono. Esther menuturkan, inisiatif ini diharapkan dapat membantu pedagang pasar di Indonesia untuk tetap berkembang meski di tengah pandemi.

2 dari 3 halaman

Facebook Ajak Pengguna Berbuat Kebaikan di Bulan Ramadan

Sebelumnya, Facebook kembali mengadakan kampanye untuk menyemarakkan bulan Ramadan tahun ini. Untuk Ramadan 2021, media sosial ini mengangkat tema Bulan Kebaikan yang hadir di seluruh platform miliknya. 

"Facebook mengangkat tema Bulan Kebaikan, karena kami sadar perbuatan baik sekecil apapun dapat memberikan dampak bagi orang lain," tutur Country Director Facebook di Indonesia, Pieter Lydian dalam konferensi pers, Kamis (8/4/2021).

Menurut Pieter, kampanye Facebook dalam Ramadan kali ini dihadirkan dalam tiga macam kegiatan, yaitu menjelajahi kebaikan, menginspirasi kebaikan, dan mengekspresikan kebaikan.

Melalui kegiatan menjelajahi kebaikan ini, Pieter menuturkan, Facebook ingin mengajak orang menemukan ide kebaikan yang dapat dilakukannya untuk orang lain.

Bersama kreator konten dan figur publik, Facebook pun membuat panduan ide-ide kebaikan yang bisa ditiru. Ide-ide kebaikan ini nantinya dapat diakses melalui laman Facebook Indonesia.

"Sebagai contoh, misalnya saat memesan makanan, kita bisa menambahkan satu porsi lagi yang dapat dibagikan untuk kurir pengantarnya," tutur Peter menjelaskan. 

Sementara lewat kegiatan insiprasi kebaikan, Facebook berkolaborasi dengan kreator konten berbagi pengalaman kebaikan mereka selama Ramadan, sehingga dapat menginsiprasi orang lain melakukan hal serupa.

3 dari 3 halaman

Berbagi Inspirasi Kebaikan

Kegiatan inspirasi kebaikan ini hadir lewat program bernama Ramabar (Ramadan Bareng) bersama para streamer gamers. Jadi, para streamer ini akan melakukan siaran langsung menjelang waktu buka bersama komunitasnya.

"Nantinya sebelum buka puasa, ada kultum yang akan diberikan Ustaz Maulana dan Ustaz Syam mengenai topik seputar Ramadan yang dekat dengan gamers," tutur Pieter melanjutkan.

Program Ramabar sendiri dapat disaksikan di laman Facebook resmi Arkaw, LoeKeren, dan ZAN.

Adapun alasan Facebook menggandeng gamers karena komunitas ini menjadi salah satu yang terbesar di platform mereka. Terlebih, mereka juga memiliki kisah inspiratif yang dapat dibagikan.

Tidak hanya Facebook, kegiatan inspirasi kebaikan ini juga akan hadir di Instagram.

Menurut Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik, Philip Chua, aktivitas di Instagram akan diisi live streaming sejumlah kreator konten dengan tajuk Ngabuburit di Instagram.

"Ini merupakan serial Instagram Live selama 30 menit setiap minggunya selama bulan Ramadan. Lewat sesi live streaming ini, para kreator akan berbagi hal-hal baik yang mereka lakukan," tutur Philip.

Kreator konten yang akan meramaikan program Ngabuburit di Instagram ini adalah Prilly Latuconsina, Ersa Mayori, Meisya Siregar, dan Nagita Slavina.

(Dam/Isk)

BERANI BERUBAH: Rezekiku dari Offline ke Online