Sukses

Kids Mode di Microsoft Edge Masuk Tahap Uji Coba

Liputan6.com, Jakarta - Kids Mode di Microsoft Edge mulai memasuki tahap uji coba. Fitur diharapkan dapat membantu para orang tua melindungi anak-anak saat berselancar di dunia maya.

Uji coba Kids Mode tersebut sementara ini tersedia untuk para penguji Edge Insiders di saluran Dev dan Canary. Fitur baru ini dapat ditemukan di profil Microsoft Edge.

Menariknya, pengguna tidak perlu menyiapkan akun anak secara khusus untuk mengaktifkan fitur tersebut, seperti yang ditemukan di sejumlah layanan lain.

Demikian menurut temuan Windows Central sebagaimana dikutip dari Engadget, Kamis (18/2/2021).

Teknologi di balik Kids Mode ini antara lain bertumpu pada Bing SafeSearch dengan pencegahan pelacakan yang ketat. Microsoft berencana untuk terus meningkatkan Mode Anak dengan menambahkan lebih banyak fitur.

Pengguna dapat menyiapkan daftar situs web apa saja yang dapat diakses dari Microsoft Edge. Tentu, daftar itu dapat ditambah atau dikurangi belakangan.

Kemudian untuk mematikan mode tersebut, pengguna mesti memasukkan kata sandi khusus.

2 dari 3 halaman

Microsoft Edge Lawas Dihapus dari Windows Mulai 13 April 2021

Sebelumnya dilaporkan Microsoft bakal menghapus Edge browser versi lawas (Edge Legacy) dari komputer Windows yang belum menggunakan platform Chromium.

Kebijakan ini akan dilakukan mulai 13 April 2021 seiring dengan update keamanan yang digulirkan.

Jadi ketika pengguna memperbarui patch keamanan, ia akan otomatis menghapus Edge versi lawas sekaligus memasang Edge berbasis Chromium.

"Untuk menggantikan aplikasi lawas ini, kami mengumumkan bahwa Microsoft Edge baru akan tersedia sebagai bagian dari update keamanan bulanan kumulatif Windows 10--atau disebut sebagai Update Tuesday (B)--pada 13 April 2021," kata Microsoft, dikutip dari Ubergizmo, Senin (8/2/2021).

3 dari 3 halaman

Pengguna Edge Versi Baru Tak Terpengaruh

"Ketika kamu menerapkan pembaruan ini ke komputer, aplikasi desktop Microsoft Edge yang tak didukung akan dihapus dan Microsoft Edge versi baru akan di-install," kata Microsoft.

Kendati demikian, jika pengguna sudah memasang browser Edge versi baru, ada kemungkinan update ini tidak akan terlalu berpengaruh pada pengguna.

Gantikan Edge Legacy dengan Versi Chromium

Sebelumnya pada Juni 2020, Microsoft mengumumkan akan mulai menggantikan peramban Edge Legacy di Windows 10 dengan versi Edge berbasis Chromium. Untuk itu, Edge versi Chorium akan disertakan secara langsung melalui rilis Windows Update teranyar.

Dengan kata lain, penggunaan Edge Legacy yang masih berbasis EdgeHTML akan mulai ditinggalkan Microsoft. Dan, seluruh pengguna Windows kini akan didukung dengan Edge versi Chromium.

Sebagai informasi, Edge versi Chromium sebenarnya sudah tersedia sejak awal tahun ini. Namun Microsoft masih menghadirkannya sebagai opsi, sehingga pengguna yang ingin memakainya perlu mengunduhnya secara manual terlebih dulu.

BERANI BERUBAH: Dodol Perekat Korban PHK