Sukses

Asus Bakal Hadirkan Pesaing iPhone 12 Mini?

Liputan6.com, Jakarta - Asus dilaporkan memiliki rencana untuk merilis smartphone anyar yang mengusung gaya, seperti iPhone 12 Mini. Maksudnya, smartphone ini memiliki ukuran ringkas, tapi dibekali dengan spesifikasi mumpuni.

Informasi ini pertama kali dilaporkan oleh DigiTimes beberapa waktu lalu. Berdasarkan laporan itu, rencana Asus menghadirkan smartphone anyar ini untuk mengangkat performa divisi smartphone perusahaan.

Mengutip informasi dari XDA Developers, Selasa (9/2/2021), smartphone ini disebut akan hadir sebagai perangkat gaming dan kemungkinan akan memiliki nama ZenFone Mini.

Kendati demikian, informasi seputar smartphone ini, mulai dari desain hingga spesifikasi belum terungkap. Hanya dari bocoran Asus berencana memperkenalkannya di tahun ini.

Selain perangkat ZenFone baru, Asus disebut akan memperkenalkan ROG Phone 5 di awal 2021.

Seperti generasi sebelumnya, smartphone ini akan menggunakan chipset flagship terbaik paling anyar dari Qualcomm, yakni Snapdragon 888.

Yang sedikit berbeda, laporan menyebut harga ROG Phone 5 saat meluncur nanti disebut akan lebih dibandingkan pendahulunya saat pertama kali rilis.

Bocoran lain juga menyebut smartphone ini akan hadir dengan dot matrix di bagian belakang, seperti desain laptop terbaru Asus. 

2 dari 3 halaman

Redmi Ingin Bikin Smartphone Layar Kecil Seperti iPhone 12 Mini

Selain Asus, Redmi juga diketahui sedang mempertimbangkan merilis smartphone berlayar kecil. Informasi ini diketahui dari unggahan General Manager Redmi, Lu Weibing, di akun media sosialnya.

Sekadar informasi, di masa lalu, Xiaomi banyak mendapatkan inspirasi dari Apple dalam menghadirkan produk-produknya.

Memang Weibing tak secara langsung mengisyaratkan, sedang pertimbangan kehadiran smartphone layar kecil Redmi serupa dengan iPhone 12 mini.

Namun, seiring perilisan iPhone 12 oleh Apple minggu lalu, iPhone 12 mini menjadi tipe paling terjangkau dari semuanya.

Perangkat tersebut memiliki layar Super Retina berukuran kecil yakni 5,4 inci.

Dikutip dari NDTV, Kamis (22/10/2020), Weibing di akun Weibo-nya seolah menyebut Redmi mempertimbangkan kemungkinan untuk memproduksi smartphone berukuran mini.

3 dari 3 halaman

Kapasitas Daya Dikorbankan

Namun ia mengingatkan, dalam merilis smartphone berukuran mini, perusahaan perlu berkompromi dengan kapasitas baterai yang diterapkan untuk perangkat.

Ia menjelaskan, mengurangi ukuran smartphone secara langsung berati baterai yang terpasang di dalamnya juga berkapasitas lebih kecil.

"Redmi ingin membuat smartphone berukuran mini, namun kapasitas atau daya tahan baterai akan dikorbankan sedemikian rupa," kata Weibing, dalam akun Weibo-nya.

Sekadar informasi, apa yang dikatakan oleh Weibing ini memang benar adanya. Hal ini terbukti dari kapasitas baterai milik iPhone 12 mini yang hanya 2.227mAh.

Sementara iPhone 12 memiliki baterai yang agak besar, yakni 2.815mAh.

(Dam/Ysl)