Sukses

Google Uji Coba Fitur Belanja Langsung via YouTube

Liputan6.com, Jakarta - Google dilaporkan tengah menguji coba fitur baru yang hadir di YouTube. Lewat fitur baru ini, penonton YouTube dapat langsung membeli barang yang ditawarkan kanal favorit mereka.

Dikutip dari Engadget, Minggu (17/1/2021), uji coba ini baru dilakukan pada sejumlah kreator konten. Jadi, para kreator tersebut nantinya dapat memajang sejumlah produk di video YouTube mereka.

Lalu para penonton produk tersebut dan tertarik dapat langsung mengklik tombol kantong belanja sisi kiri bawah layar untuk melihat informasi lebih lanjut. 

Lewat tautan itu pula, penonton dapat menonton video lain mengenai barang itu termasuk opsi melakukan pembelian. Hanya untuk sekarang, fitur ini baru tersedia bagi pengguna YouTube di Amerika Serikat.

Meski baru sebatas uji coba, fitur ini sebenarnya bisa menjadi salah satu cara untuk menarik lebih banyak penonton sekaligus cara perusahaan tersebut untuk mendapatkan pemasukan.

Kehadiran fitur ini sebenarnya sempat diungkap laporan Bloomberg pada Oktober 2020. Ketika itu, Google diketahui sedang merancang cara yang memungkinkan penjualan langsung terjadi lewat YouTube.

Cara serupa juga dilakukan sejumlah platform media sosial lain, seperti Instagram dan Facebook yang kini bahkan memiliki fitur khusus untuk berbelanja. Karenanya, uji coba fitur semacam ini tidak begitu mengagetkan.

2 dari 3 halaman

YouTube Ujicoba Tombol Autoplay Baru untuk Versi Web

Sebelumnya, YouTube, platform berbagi video kenamaan di dunia milik Google dikabarkan sedang melakukan ujicoba fitur baru untuk platform versi web mereka.

Setelah memperkenalkan navigasi berbasis gestur untuk pengguna di perangkat mobile, kini YouTube sedang mengujicoba tombol autoplay di UI versi web mereka.

Perubahan ini terlihat dari tombol autoplay kini dipindah ke dalam layar melihat tombol putar otomatis dipindahkan ke dalam layar video player, sebagaimana dilansir Android Police. 

Jika diperhatikan, tombol autoplay ini tampak serupa dengan perubahan perusahaan lakukan pada aplikasi mobile YouTube yang baru saja menerima update.

Seperti yang bisa kamu lihat dari gambar di atas, tombol autoplay tersebut tak lagi berada di kolom kanan atas laman web--tetapi akan berada di dalam layar video player seperti YouTube versi mobile.

3 dari 3 halaman

Pengalaman Pengguna YouTube

Dengan perubahan ini, YouTube tampaknya ingin agar pengguna dapat memiliki kemampuan yang lebih bebas terhadap video-video apa yang ingin mereka putar.

Berhubung masih dalam tahap ujicoba, masih sebagian besar dari kamu belum dapat menemukan tombol autoplay diposisi barunya tersebut.

Google sendiri hingga saat ini belum mengungkap kapan akan memperkenalkan UI baru YouTube versi web ini secara global.

(Dam/Isk)