Sukses

Rahasia Sukses Epson 20 Tahun di Indonesia

Memulai kiprahnya di Indonesia sejak 1 Oktober 2000, nama besar Epson lebih dulu dikenal bukan dari printer berbasis Inkjet.

Liputan6.com, Jakarta - Epson Indonesia belum lama ini merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun di Tanah Air. Memulai kiprahnya di Indonesia sejak 1 Oktober 2000, nama besar Epson lebih dulu dikenal bukan dari printer berbasis Inkjet, melainkan melalui Printer Dot Matrix atau printer dengan menggunakan ribbon/pita.

Berbagai raihan telah dilewati sepanjang 20 tahun berkiprah di Indonesia. Tak hanya produk yang dipasarkan diterima oleh masyarakat dan berbagai industri di Tanah Air, tapi juga menjadikan Epson sebagai pemimpin pasar.

Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia, mengklaim hampir semua produk Epson adalah market leader di masing-masing kategori, baik itu printer, projector, dan robotika.

Lalu, apa resep rahasia Epson di pasar Indonesia?

Riswin mengungkapkan Epson memiliki resep tersendiri sehingga inovasi produk yang dikembangkan setiap tahunnya bisa diterima pasar dengan baik.

"Strategi Epson adalah memenuhi kebutuhan pasar, kami mencoba mengerti apa kebutuhan pasar sesungguhnya di masing-masing segmen. Dari situ kami berusaha mengembangkan produk yang bisa menjadi solusi untuk konsumen," kata Riswin melalui keterangannya, Kamis (17/12/2020).

Didukung oleh tim research & development (R&D) yang kuat, ia menambahkan, Epson dapat mengembangkan teknologi sendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunci Sukses

Riswin menyebut, kunci keberhasilan Epson adalah mengerti kebutuhan konsumen dan mencoba memenuhinya serta memberikan tambahan keuntungan dari fungsi produk tersebut.

Untuk diketahui, secara garis besar, Epson Global membagi Product Line-up menjadi empat kategori.

Pertama Inkjet Innovation (Printer), kedua Robotic Innovation, ketiga Visual Innovation (Projector), keempat Wearable Innovation (Jam tangan, Kacamata Pintar). Secara bertahap, berbagai produk itu dibawa ke Indonesia.

 

3 dari 3 halaman

Fokus Pada Printer

Untuk saat ini, Epson Indonesia masih fokus pada kategori dengan basis produk seperti Printer Inkjet dan Compact priter dengan InkTank Printer, Business Printer, Label Printer dan POS Printer.

Kemudian Commercial and Industry (C&I) Printer/ Printer Large Format melalui Photographic, Corporate Signage atau papan iklan, Label dan Textile Printing.

Selanjutnya pada Visual Product/Projector melalui Business Projector, Interactive Projector, Home Projector, dan Robotic dengan Industrial Robot Solution.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.