Sukses

Ini Deretan Podcast Paling Populer di Indonesia dalam Spotify Wrapped 2020

Liputan6.com, Jakarta - Spotify menyebut tahun 2020 menjadi tahun podcast Indonesia. Bagaimana tidak, podcast kini seolah jadi bagian yang tidak terlepas dari kehidupan. Pasalnya, di podcast berbagai hiburan hingga inspirasi bisa didapatkan.

Di Indonesia sendiri, konsumsi podcast, khususnya melalui Spotify, meningkat pesat. Begitu pula dengan ekosistem storyteller lokal yang terus berkembang.

Tema yang diperbincangkan di podcast pun begitu beragam, mulai dari cerita terbaru dari artis favorit, cerita horor yang membuat merinding, hingga komedi. Dalam kondisi pandemi, hiburan dari podcast membantu pendengar untuk betah berada di rumah.

Untuk itulah, selain lagu, album, dan artis, dalam Spotify Wrapped 2020, Spotify juga mengungkap deretan podcast yang paling populer di Indonesia sepanjang tahun ini. Apa saja?

1. Rintik Sendu besutan penulis lokal Nadhifa Allya Tsana

2. Podkesmas yang dipandu penyiar TV dan radio Ananda Omesh, Imam Darto, Surya Insomnia, dan Angga Nggok

3. DesTanya Siapa? yang dibawakan oleh Deddy "Desta" Mahendra

4. Do You See What I See, podcast horor yang dibawakan Rizky Ardi Nugroho

5. Teman Tidur oleh Dera Firmansyah

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Genre Podcast Terpopuler di Indonesia

Sementara, genre podcast terpopuler di Indonesia adalah komedi, budaya dan masyarakat, seni dan hiburan, cerita, dan gaya hidup dan kesehatan.

Para pendengar di Indonesia cenderung lebih sering mendengarkan podcast di malam hari.

Sejauh ini, Spotify memiliki lebih dari 1,9 juta judul podcast di seluruh dunia. Di mana, 9 podcast di Indonesia masuk dalam jajaran 200 podcasr terpopuler global di 2020 ini.

Spotify Head of Studios for Southeast Asia Carl Zuzarte mengatakan, perkembangan podcast di Indonesia pada 2020 sangatlah mengagumkan.

"Konsumsi podcast di aplikasi Spotify Indonesia saat ini tercatat tiga kali lebih besar dibandingkan tahun lalu. Sepanjang tahun ini kami bekerja sama dengan 23 podcast ekslusif Indonesia," kata Zuzarte dalam keterangan Spotify, Jumat (4/12/2020).

Ke depannya, dia mengatakan, podcast di Indonesia akan terus menjadi fokus Spotify. Ia berharap bisa bekerja sama dengan lebih banyak kreator lokal untuk menghadirkan lebih banyak hiburan bagi para pendengar.

3 dari 3 halaman

Podcast Paling Populer Tahun 2020 di Dunia

Dalam kesempatan yang sama, Spotify juga mengumumkan podcast global terpopuler. Antara lain adalah:

1. The Joe Rogan Experience

2. TED Talks Daily

3. The Daily

4. The Michelle Obama Podcast

5. Call Her Daddy

Genre paling populer yang dinikmati oleh penduduk dunia antara lain masyarakat dan budaya, komedi, gaya hidup dan kesehatan, seni dan hiburan, serta edukasi.

Tentang Spotify Wrapped 2020

Spotify kini membuka dunia Wrapped untuk semua orang, baik itu pengguna Spotify ataupun bukan.

Pengguna yang memenuhi syarat bisa mengakses pengalaman Wrapped yang dipersonalisasi atau Kilas Balik 2020 pada aplikasi Spotify di smartphone Android ataupun iOS.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.