Sukses

Ruangguru Gelar Pelatihan dan Webinar Sambut Hari Guru Nasional

Lewat pelatihan dan webinar ini, Ruangguru membantu para guru untuk dalam kegiatan PJJ bersama siswa.

Liputan6.com, Jakarta - Ruangguru telah membuka akses pelatihan secara online untuk memperkaya keterampilan mengajar guru selama masa pandemi ini. Hingga sekarang, layanan pelatihan itu sudah diakses lebih dari 200 ribu guru di Indonesia.

Melalui layanan pelatihan ini, para guru mendapat berbagai materi pengayaan, seperti pembelajaran berbasis teknologi informasi, strategi pembelajaran, perencanaan kurikulum, wawasan pandidikan, hingga strategi menjadi guru yang memotivisasi dan komunikatif.

Sebagai upaya memperkuat pelatihan ini, Ruangguru juga menyelenggarakan rangkaian webinar yang bertepatan dengan dengan peringatan Hari Guru Nasional.

Webinar yang digelar mulai 18 hingga 24 November 2020 ini membahas beberapa topik, mulai dari strategi menghadapi keterbatasan selama pandemi hingga mengajar kreatif dengan metode pengajaran abad 21.

"Pada peringatan Hari Guru Nasional di tengah masa pandemi ini, kami memberikan pelatihan daring gratis dan rangkaian webinar dengan harapan agar para guru dapat terus semangat menjadi pengajar yang hebat demi masa depan anak bangsa," tutur Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (25/11/2020).

Menurut Belva, pelatihan dan webinar Ruangguru ini diadakan untuk memfasilitasi guru menghadapi tantangan dan kesulitan selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jadi, di samping pembinaan karakter dan pencapaian tujuan akademis, para guru turut dapat mengembangkan kompetensi peserta didik selama PJJ.

Terlebih, berdasarkan survei internal Ruangguru, para guru masih membutuhkan peningkatan keterampilan untuk melaksanakan PJJ. Ada beberapa tantangan yang dihadapi guru, seperti metode penyesuaian materi, platform PJJ yang sesuai bagi siswa, pengelolaan waktu, hingga melakukan komunikasi secara virtual.

Pelatihan dan webinar ini juga disambut baik para guru yang mengikutinya dan banyak yang merasa terbantu. Salah satunya adalah Christina Wahyu, guru di SDN 10 Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. 

"Saya bersyukur dapat kesempatan mengikuti pelatihan dan webinar Ruangguru karena saya belajar banyak tentang bagaimana menerapkan proses belajar mengajar secara digital selama pandemi ini," tutur Christina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ruangguru Masuk Daftar 50 Perusahaan Edtech Paling Transformatif

Sebagai informasi, Ruangguru berhasil masuk daftar perusahaan teknologi di bidang pendidikan (edtech) paling transformatif di dunia versi GSV Ventures.

Ruangguru merupakan satu-satunya perusahaan asal Indonesia dan Asia Tenggara yang masuk di dalam daftar tersebut.

Selain Ruangguru, perusahaan lain kebanyakan berasal dari Amerika Serikat, Tiongkok, dan India. Ada 17 perusahaan asal Amerika Serikat, 16 perusahaan asal Tiongkok, dan 6 perusahaan asal India yang ada di dalam daftar ini.

"Prestasi ini hanya dapat tercapai berkat kerja keras seluruh tim di Ruangguru yang bekerja dengan semangat tulus untuk melayani 20 juta pengguna kami, baik para pelajar sekolah dan pelajar dewasa," tutur Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru, Belva Devara dalam keterangan resmi, Senin (19/10/2020).

3 dari 3 halaman

GSV Ventures

GSV Ventures merupakan platform global yang fokus memberikan perhatian dan mengangkat inovasi pada sektor pendidikan dan pekerjaan.

Berdasarkan pernyataaan dari laman resmi GSV Ventures, platform yang berhasil masuk dalam daftar ini merupakan perusahaan yang berhasil membantu transisi ruang kelas dari offline ke online.

Selain itu, perusahaan itu juga mampu memastikan adanya akses terhadap sumber daya dan peluang pendidikan, termasuk mampu meningkatkan keterampilan para pekerja di saat penggangguran mencapai titik tertinggi seperti masa sekarang.

Secara agregat, 50 perusahaan yang masuk dalam daftar ini telah memberikan layanan dan jasa pada 2,7 miliar pelajar di dunia. Ruangguru sendiri dengan layanannya telah berhasil digunakan lebih dari 10 juta pelajar.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini