Sukses

Sesi Teardown Bongkar Jeroan Poco X3 NFC, Seperti Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja melakukan sesi teardown untuk produk terbarunya, yakni Poco X3 NFC. Dalam sesi yang dilakukan secara virtual ini, Xiaomi membedah komponen apa saja yang di dalam smartphone tersebut.

Sesi teardown ini sendiri dilakukan oleh Senior Technical Support Engineer Xiaomi Indonesia, Woro Prasetio bersama Product PR Manager Xiaomi Indonesia, Andi Renreng.

Lewat sesi teardown ini, Xiaomi menunjukkan Poco X3 NFC hadir dengan chipset Snapdragon 732G, teknologi pendinginan LiquidCool Technology 1.0 Plus, dan baterai 5.160mAh dengan dukungan fast charging 33W.

"POCO X3 NFC adalah ‘The Real Mid-Range Killer’ yang menawarkan teknologi dan inovasi tanpa tanding dengan harga yang menarik," tutur Andi dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (19/11/2020).

Langkah pertama sesi teardown ini dimulai dengan membuka penutup belakang smartphone. Begitu penutup belakang dibuka, modul NFC merupakan komponen pertama yang dilepas.

Setelahnya, kamera merupakan komponen berikut yang dilepas. Lalu di bagian yang sama juga terdapat speaker dan sensor yang dapat dikeluarkan.

Poco X3 NFC memiliki empat kamera belakang dengan lensa utama 64MP, lensa ultrawide 13MP, lensa makro 2MP, dan depth sensor 2MP. Modul kamera depan dengan resolusi 20MP menjadi komponen yang selanjutnya dilepas.

2 dari 3 halaman

Komponen Poco X3 NFC

Komponen selanjutnya yang diperlihatkan adalah motor sebagai penghasil getaran dalam bentuk haptic feedback.

Sesi ini juga memperlihatkan karet di sekeliling badan dan penggunaan lem yang erat di Poco X3 NFC untuk menunjukkan perlindungan IP53.

Xiaomi juga memperlihatkan LiquidCool Technology 1.0 yang dapat diakses dengan membongkar bagian bawah baterai untuk menunjukkan batang tembaga.

Sesuai namanya, teknologi ini hadir untuk meredakan panas dari komponen di atasnya, mulai dari baterai dan chipset. Ia merupakan pengembangan yang sebelumnya digunakan pada Poco F1, tapi kini memiliki permukaan lebih luas. 

3 dari 3 halaman

Poco X3 NFC Resmi Meluncur di Indonesia, Harganya?

Seperti dilaporkan sebelumnya, Poco X3 NFC akhirnya secara resmi menyambangi pasar smartphone di Tanah Air. Menyasar segmen kelas menengah, ponsel yang diklaim sebagai 'The Real Mid-Range Killer' ini menggunakan prosesor Snapdragon 732G.

"Poco X3 NFC merupakan smartphone pertama di Indonesia yang pakai prosesor mid-range baru milik Qualcomm," ucap Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia pada saat peluncuran online Poco X3 NFC, Kamis (15/10/2020).

Untuk mendukung performa, ponsel ini hadir dengan dua opsi RAM, yakni 6GB dan 8GB. Sedangkan untuk memorinya sebesar 128GB.

Poco membekali smartphone ini dengan layar berukuran 6,67 inci, refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz yang dijamin akan memuaskan pengguna, khususnya gamer.

"Menyasar pengguna muda yang paham dengan spesifikasi dari smartphone (tech enthusiast), Poco X3 NFC hadir sebagai jawaban dengan menawarkan teknologi dan inovasi tanpa tanding dengan harga yang menarik," ujar Alvin.

Varian Poco X3 Pro dengan RAM 6GB dan storage 64GB akan dibaderol seharga Rp 3,199,000. Sementara itu, Poco X3 NFC dengan RAM 8GB/128GB akan dijual seharga Rp. 3,599,000.

(Dam/Why)