Sukses

Telkomtelstra Terapkan Solusi SD-WAN untuk Jaringan di 5.000 Titik di Indonesia

Telkomtelstra menerapkan solusi SD-WAN untuk mendukung jaringan yang lebih baik di 5.000 titik di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Telkomtelstra menerapkan solusi SD-WAN (Software Defined Wide Area Network) di 5.000 lokasi jaringan kantor cabang di Indonesia. Solusi ini ditujukan untuk mendukung salah satu pelanggannya di bidang ritel.

Kesuksesan ini digadang-gadang menjadi salah satu tolok ukur baru dalam inovasi jaringan di Indonesia. Apalagi, kini perusahaan membutuhkan jaringan kuat, dapat diandalkan, dan aman untuk mendukung operasional yang tersebar secara geografis.

Saat ini, dengan 12.000 pulau berpenghuni, banyak perusahaan di Indonesia yang perlu beroperasi di kantor cabang di berbagai lokasi, termasuk daerah terpencil yang minim jaringan.

Sayangnya, jaringan WAN tradisional kurang bisa mengakomodasi tuntutan konektivitas perusahaan karena kemampuannya yang tidak memadai dalam hal skalabilitas cloud. Selain itu, WAN melalui MPLS dinilai sebagai teknologi yang mahal.

Chief Customer Officer Telkomtelstra Agus F Abdillah mengatakan, pihaknya memahami adanya tantangan bisnis dalam hal jaringan dengan konektivitas terdepan, terutama di daerah terpencil.

"Telkomtelstra bangga atas pencapaian kami dalam mengimplementasikan solusi jaringan SD-WAN ke lebih dari 5.000 lokasi di Indonesia. Hal ini bisa mendukung kebutuhan bisnis yang mengedepankan produktivitas dan efisiensi, terlepas dari tantangan geografis," kata Agus, dalam keterangan Telkomtelstra, Rabu (4/11/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Telkomtelstra

Telkomtelstra yang merupakan perusahaan patungan Telkom dan Telstra mendukung bisnis berbagai industri dengan mengoptimalkan kinerja beban kerja melalui jaringan cloud-enabled. Tujuannya adalah meningkatkan alokasi bandwidth serta kinerja aplikasi di berbagai kantor cabang.

Agus mengatakan, solusi ini cocok untuk perusahaan yang memiliki kantor cabang di berbagai wilayah dan ingin mengoptimalkan jaringan melalui cloud.

Dengan ini, perusahaan bisa mendistribusikan aturan, membuat perubahan kebijakan, dan mengimplementasikan konfigurasi baru jaringan kantor cabang dalam waktu singkat dan di mana pun.

Kelebihan lain dari solusi SD-WAN Telkomtelstra adalah instalasi zero-touch dan auto failover yang bisa meminimalisasi ketergantungan pada banyak perangkat. Hal inipun akan membuat pengiriman teknisi ke kantor cabang bisa diminimalisasi.

3 dari 3 halaman

Lebih Efisien dan Aman

Pada gilirannya, menurut Agus, hal ini akan lebih menguntungkan bisnis dari segi efisiensi dan pengelolaan biaya lebih baik dibandingkan jaringan MPLS.

Bicara keamanan pun, sousi dari Telkomtelstra ini menawarkan opsi keamanan komprehensif menggunakan cloud dan SaaS (software as a service). Dengan meningkatnya serangan siber, fitur keamanan ini akan meperkuat solusi SD-WAN.

"Kantor cabang dalam perusahaan di seluruh Indonesia kini akan memiliki akses ke konektivitas andal dengan keamanan terdepan," katanya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.