Sukses

Review Huawei Nova 7: Performa Flagship Harga Terjangkau, Isi Baterai Full Tak Sampai Sejam

Liputan6.com, Jakarta - Huawei telah memperkenalkan smartphone terbaru besutannya di Indonesia, yakni Nova 7. Smartphone ini merupakan penerus Nova 5T yang rilis tahun lalu.

Dalam artikel sebelumnya, Tekno Liputan6.com sempat membahas mengenai sejumlah peningkatan yang ada di Huawei Nova 7, dibandingkan dengan pendahulunya.

Oleh sebab itu, dalam artikel kali ini, kami akan mengulas Huawei Nova 7 secara keseluruhan. Untuk mengetahui seperti apa performa dan kemampuannya, cek pembahasan berikut ini.

Desain

Huawei Nova 7 memiliki layar 6,52 inci, sehingga membuatnya lebih besar ketimbang pendahulunya. Meski memiliki layar lebih besar, smartphone ini tetap nyaman digenggam.

Hadir dengan desain punch-hole di bagian pojok kiri atas, smartphone ini sudah menggunakan in-display fingerprint. Kemampuannya terbilang cepat, meski kadang kesulitan membaca sidik jari saat sedikit basah.

Kamera depan Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Untuk bodi belakang, Huawei menampilkan desain color-material-finish (CMF) 3D dengan efek berkilauan yang memberikan kesan premium.

Hanya sayang, sidik jari mudah membekas di bodi Huawei Nova 7, sehingga perangkat ini terasa mudah kotor.

Tombol power dan volume di Huawei Nova 7. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Tombol power dan volume seluruhnya berada di sisi kanan bodi. Penempatan tombol yang berada di tengah-tengah juga membuatnya mudah dijangkau, mengingat smartphone ini memiliki bodi cenderung memanjang ke atas. 

Bodi bagian bawah Huawei Nova 7. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Bodi bagian diisi dengan speaker, port USB Type-C, dan slot kartu SIM. Sementara desain kamera belakang Huawei Nova 7 dibuat kotak, mengingatkannya pada Huawei P40.

2 dari 5 halaman

Performa

Untuk performa, Huawei Nova 7 menggunakan chipset Kirin 985 5G, RAM 8GB, dan memori internal 256GB tanpa slot kartu eksternal. Secara keseluruhan, performa smartphone ini sangat baik.

Transisi antar aplikasi mampu dilibas tanpa masalah. Kami juga tidak pernah menemui lag selama penggunaan sehari-hari. Huawei Nova 7 menjalankan EMUI 11 berbasis Android 10. 

Tampilan Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Saat digunakan untuk bermain gim pun, kami merasa pengalaman yang ditawarkan tetap mulus. Kami sempat menjajalnya untuk bermain Asphalt 9, Call of Duty: Mobile, dan Free Fire.

Hasilnya, kami dapat memainkannya secara lancar. Bahkan, untuk Call of Duty: Mobile kami menyetelnya ke grafis tinggi dan gim mampu berjalan tanpa kendala.

Tampilan Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kendati didukung baterai yang tidak sebesar kebanyakan smartphone saat ini, yaitu 4.000mAh, nyatanya smartphone ini mampu bertahan seharian dalam pemakaian normal. 

Tampilan Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Huawei juga sudah membenamkan fitur SuperCharge 40W, sehingga pengisian daya hingga penuh dapat dilakukan kurang dari sejam dengan kondisi baterai terakhir sekitar 19 persen.

3 dari 5 halaman

Kamera

Huawei Nova 7 memiliki empat kamera belakang dengan lensa utama beresolusi 64MP. Secara keseluruhan, kemampuan kamera smartphone ini terbilang apik dan dapat diandalkan.

Hasil foto kamera smartphone ini memiliki detail dan kontras yang cukup baik. Kami juga sempat menjajal kemampuannya untuk mengambil foto zoom, sebab perangkat ini memiliki lensa telephoto 8MP.

Selain itu, smartphone ini juga didukung fitur Night Mode. Fitur ini harus diakui memang mampu menghasilkan foto yang lebih terang, meski terkadang warna yang dihasilkan terlalu mentereng dan masih terlihat noise.

Untuk mengetahui seperti apa kemampuan kamera smartphone ini, berikut beberapa hasil bidikannya.

Hasil lensa 64MP Huawei Nova 7 (atas)

Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Perbandingan hasil foto Huawei Nova 7 dengan fitur Night Mode (atas) dan tanpa fitur Night Mode (bawah). 

Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kemampuan lensa telephoto Huawei Nova 7

Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Kemampuan lensa ultrawide Huawei Nova 7

Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hasil foto Huawei Nova 7 lainnya

Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)Hasil foto Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

4 dari 5 halaman

HMS dan App Gallery

Sama seperti smartphone Huawei anyar lain, Nova 7 tidak dibekali dengan Google Mobile Services. Sebagai gantinya, smartphone ini hadir dengan Huawei Mobile Services.

Mengingat tidak didukung layanan Google, Huawei menyertakan App Gallery sebagai toko aplikasi. Lantas, seperti apa pengalaman menggunakan smartphone ini?

Secara keseluruhan, pengalaman memakai Huawei Nova 7 tanpa layanan Google sebenarnya tidak terlalu merepotkan. Terlebih, Huawei terus memperbaharui dan menambah jumlah aplikasi di App Gallery. 

Bahkan khusus untuk Indonesia, sejumlah aplikasi populer yang banyak digunakan juga sudah tersedia. Mulai dari aplikasi perbankan, streaming video, aplikasi berita, transportasi, navigasi, termasuk dompet digital.

Tampilan App Gallery di Huawei Nova 7 (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)

Hanya perlu diakui, pengguna butuh menyesuaikan diri dengan ekosistem baru ini. Untuk itu, Huawei juga menghadirkan solusi lain yakni aplikasi Petal Search.

Secara umum, Petal Search ini merupakan opsi bagi pengguna untuk mendapatkan aplikasi selain di App Gallery. Jadi, aplikasi ini dapat membantu pengguna mengunduhnya dari situs pihak ketiga, seperti APKPure atau Aptoide.

Berdasarkan pengalaman, mengunduh aplikasi lewat Petal Search tidak rumit dan harus diakui sangat membantu saat mencari aplikasi yang belum tersedia di App Gallery.

Lalu bagaimana layanan Google sendiri? Pengguna sebenarnya masih bisa mendapatkan akses ke layanan Google, tapi memang tidak ditampilkan dalam bentuk aplikasi.

Jadi, layanan tersebut dapat diakses melalui situs web masing-masing, seperti YouTube atau Google Keep. Nantinya, situs tersebut juga dapat dibuat menjadi shortcut di laman depan, sehingga dapat tampil layaknya aplikasi.

5 dari 5 halaman

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Nova 7 masih mengusung DNA yang ada di pendahulunya, yaitu smartphone ini mampu memberikan pengalaman flagship, tapi dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau (Rp 6,8 jutaan untuk varian 8GB/256G).

Hal itu bukannya tanpa alasan, sebab performa smartphone ini terbilang mumpuni di kelasnya. Begitu pula dengan dukungan baterai dan kemampuan SuperCharge yang disertakan Huawei.

Beralih ke sektor kamera, Huawei juga melakukan peningkatan pada Nova 7. Karenanya, foto yang dihasilkan terbilang apik dan dapat diandalkan, termasuk dalam kondisi minim cahaya.

Sementara untuk absennya layanan Google, koleksi di App Gallery memang belum sebanyak toko aplikasi lain. Kendati demikian, sejumlah aplikasi populer dan esensial sudah tersedia dan dapat diunduh dengan mudah.

Huawei juga sudah menyertakan aplikasi Petal Search untuk membantu mendapatkan aplikasi yang belum ada di App Gallery. Hanya memang, butuh waktu untuk beradaptasi dengan ekosistem ini. 

Namun terlepas dari hal itu, sebagai sebuah smartphone, Huawei Nova 7 menawarkan paket lengkap. Khususnya, pengguna yang ingin merasakan pengalaman perangkat flagship, tapi harga tidak setinggi perangkat premium. 

(Dam/Isk)