Sukses

Aplikasi Streaming Musik Joox Rayakan 5 Tahun di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi streaming musik Joox genap merayakan ulang tahun ke-5 di Indonesia. Di usianya yang menginjak 5 tahun ini, Joox menegakan komitmennya sebagai Tuan Rumah Musik di Indonesia.

Joox menyebut, akan jadi platform bagi musisi, komunitas, pelaku industri, dan pengguna untuk berkolaborasi menghadirkan konten berkualitas dan inspiratif untuk mendukung perkembangan musik di Tanah Air.

Selama kehadirannya di Tanah Air, Joox menyebut, pihaknya memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memilih dan mengatur lagu yang ingin didengarkan kapanpun dan dimanapun.

Joox juga mengatakan, pihaknya terus melakukan pengembangan produk agar memungkinkan musisi Indonesia menjangkau lebih banyak pendengar dengan cara yang interaktif.

Head of Joox Indonesia, Peter May mengatakan, pengguna kian menggandrungi musik Indonesia seiring meningkatnya local pride masyarakat.

"Konsumsi lagu Indonesia meroket 300 persen dibandingkan tahun pertama Joox Indonesia. Joox juga mencatat, porsi musik Tanah Air semakin mendominasi jajaran top chart dari tahun ke tahun. Di tahun 2020 ini, lagu Indonesia menduduki 80 persen top chart Joox empat kali lipat dari 2016," katanya.

Peter May juga mengatakan, musik dangdut kian mendapat apresiasi dari berbagai jenis usia. Kenaikan konsumsi musik dangdut 3x lipat dibanding tahun sebelumnya.

"Sejak 2019, kami melihat perkembangan signifikan dari musisi Indie, perkembangan ini memotivasi Joox menjadi Tuan Rumah Musik di Indonesia yang dapat dinikmati dengan fitur-fitur interaktif, lebih dari sekedar mendengarkan musik," kata Peter May.

2 dari 3 halaman

Terus Kembangkan Produk

Demi menghadirkan pilihan menikmati musik sesuai dengan keinginan pengguna, Joox terus mengembangkan produknya.

Pada awal kehadirannya di Indonesia, Joox merupakan aplikasi pertama yang menyediakan layanan streaming musik yang dilengkapi fitur lirik.

Tahun 2017, Joox meluncurkan fitur ‘Karaoke’ dan ‘Live Streaming’ yang menghadirkan pengalaman maksimal menikmati musik dari mana saja.

Di saat adanya pandemi, Joox dengan beragam fitur interaktifnya menjadi salah satu pilihan hiburan pecinta musik. Hal tersebut ditunjukan dengan adanya kenaikan 30 persen pengguna fitur Karaoke, sehingga menginspirasi Joox untuk meluncurkan fitur terbaru ‘Quick Sing’.

3 dari 3 halaman

Rangkaian Parade Joox Lima

Head of Marketing Joox Indonesia Yuanita Agata mengatakan, di usianya yang ke-5 tahun, Joox mempersembahkan rangkaian acara “Parade Joox Lima” yang menghadirkan penampilan musik berbagai genre berserta talk show inspiratif bersama para musisi pengisi acara.

"Kami harap Joox bisa terus menemani kata hati pengguna dalam segala kondisi, serta menjadi mitra para musisi yang mendukung dan memungkinkan mereka untuk berkarya dan menghasilkan konten-konten musik berkualitas," katanya.

Joox juga mengajak semua anak muda Indonesia untuk mengapresiasi musik Indonesia, salah satunya melalui acara “Tribute to Legend”.

Dalam kesempatan ini, Joox memberikan apresiasi kepada Chrisye, Glenn Fredly, dan Didi Kempot sebagai musisi legendaris Indonesia yang telah berkontribusi terhadap perkembangan industri musik Indonesia.

(Tin/Ysl)