Sukses

Zenius Beri Guru dan Siswa di Daerah Fasilitas Penunjang PJJ

Liputan6.com, Jakarta - Menyambut hari peringatan kemerdekaan Indonesia, Zenius Education kembali memberikan kontribusinya di bidang pendidikan. Edtech startup tersebut mengumumkan akan memberikan bantuan kepada guru dan siswa di daerah yang membutuhkan fasilitas penunjang guna mewujudkan pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang lebih baik.

Pada praktiknya, Zenius akan mengadakan upacara peringatan 17 Agustus tahun ini secara live melalui Zenius app. Untuk setiap kehadiran virtual per satu individu peserta upacara, Zenius akan mendonasikan sekitar Rp 2.000 dengan alokasi 50 persen untuk fasilitas guru dan 50 persen untuk fasilitas siswa.

Realisasi dan penyaluran bantuan akan ditangani oleh Kitabisa.com. Daerah yang menjadi sasaran program ini adalah daerah-daerah di seluruh Indonesia yang paling terkendala melaksanakan PJJ karena terdampak oleh pandemi.

"Sebuah bangsa tidak akan betul-betul merdeka pikiran tanpa pendidikan yang baik. Diilhami semangat yang sama, kami ingin membantu menghadirkan pendidikan lebih baik bagi para insan pendidikan di daerah dengan fasilitas yang nyata, dan kami mengajak semua elemen masyarakat sebagai rekan sebangsa untuk mewujudkannya," ujar Sabda PS, Chief Education Officer di Zenius Education dalam keterangan resmi perusahaan.

Meskipun kita tidak dapat melakukan upacara secara langsung, kata Sabda, semangat dan kegembiraan perayaan kemerdekaan tetap dapat dilakukan sambil berkontribusi nyata terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Harapan Zenius

Melengkapi pernyataan Sabda, Amanda Witdarmono, Head of Teachers Initiatives di Zenius Education berharap inisiatif ini dapat diterima dengan baik oleh guru dan siswa di daerah yang membutuhkan.

"Ini sebagai bentuk nyata kepedulian kami terhadap dunia pendidikan di Indonesia dalam semangat kemerdekaan. Pemilihan untuk memberikan fasilitas yang mendukung guru dan siswa dalam melaksanakan PJJ, berdasarkan pada kondisi lapangan yang kami temukan," tutur Amanda.

Amanda mengatakan masih banyak guru dan siswa dengan semangat tinggi untuk menjalankan pembelajaran jarak jauh, tetapi mereka masih terkendala oleh keterbatasan infrastruktur seperti ponsel dan internet.

 

3 dari 3 halaman

Pelaksanaan upacara virtual

Upacara virtual ala Zenius ini akan diadakan pada hari Senin, 17 Agustus 2020 pada pukul 09.00 WIB. Upacara akan dipimpin oleh tutor Zenius Leonard Alden dan diikuti oleh siswa dan guru dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Siapa pun yang ingin turut serta membantu Zenius untuk berkontribusi kepada guru dan siswa di daerah-daerah terkendala PJJ dapat mengikuti upacara live ini melalui aplikasi Zenius yang dapat diunduh di Google Play dan di App Store.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS