Sukses

Adu Spesifikasi Redmi 9 dengan Oppo A52

Liputan6.com, Jakarta - Redmi 9 resmi diperkenalkan sebagai smartphone terbaru Xiaomi untuk pasar Indonesia. Menurut Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse, smartphone ini merupakan seri jawara terakhir setelah Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro.

"Kami sekali lagi telah menciptakan tolak akur baru untuk yang lain di rentang harga ini," tutur Alvin saat peluncuran Redmi 9 beberapa waktu lalu.

Untuk mendukung klaim tersebut, Alvin pun membandingkan spesifikasi smartphone tersebut dengan model dari merek lain yang sudah ada di pasaran. Salah satunya yang dijadikan pembanding adalah Oppo A52.

Di atas kertas, kedua smartphone itu memang memiliki spesifikasi yang hampir mirip. Keduanya sama-sama dipersenjatai chipset kelas menengah, baterai besar, layar beresolusi FHD+, dan empat kamera belakang.

Namun seperti apa sebenarnya perbandingan antara dua smartphone tersebut?

Karena penasaran, Tekno Liputan6.com pun mencoba membandingkan spesifikasi antara Redmi 9 dan Oppo A52 dengan ulasan singkat berikut ini.

Layar dan Performa

Untuk layar yang dihadirkan, kedua smartphone sama-sama memiliki kualitas layar serupa dengan ukuran yang nyaris mirip. Redmi 9 hadir dengan layar FHD+ berukuran 6,53 inci, sedangkan Oppo A52 memiliki layar 6,5 inci FHD+.

Untuk spesifikasi, smartphone anyar Redmi dibekali chipset MediaTek Helio G80 dengan opsi memori paling tinggi, RAM 4GB dan ROM 64GB. Sementara Oppo A52 hadir dengan satu opsi memori yang lebih tinggi, yakni RAM 6GB dan ROM 128GB.

Beralih ke kapasitas baterai, keduanya juga sama-sama dibekali baterai berkapasitas besar dengan fitur fast charging. Redmi 9 mempunyai baterai 5.020mAh, lalu Oppo A52 hadir dengan baterai 5.000mAh.

2 dari 2 halaman

Kamera

Untuk kamera, seperti sudah diungkapkan di atas, keduanya sama-sama memiliki empat kamera belakang. Konfigurasi empat kamera belakang itu pun terbilang mirip.

Redmi 9 memiliki lensa utama 13MP, lensa ultra wide-angle 8MP, lensa makro 5MP, dan depth sensor 2MP. Adapun Oppo A52 hadir dengan lensa utama 12MP, lensa ultra wide-angle 8MP, lens makro 2MP, dan depth sensor 2MP.

Lalu kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 8MP untuk Redmi 9 dan Oppo A52 membenamkan kamera depan 16MP.

Kedua perangkat juga sama-sama menjalankan Android 10 yang dibalut dengan kustomisasi masing-masing perusahaan, yakni MIUI 11 dan ColorOS 7.1.

Sementara kehadiran konektivitas port keduanya masih sama, yakni headphone jack 3,5mm dan port USB Type-C. Ada pula fitur pemindai sidik jari untuk menunjang keamanan perangkat.

Untuk harga, varian Redmi 9 paling tinggi dijual Rp 1.999.000, sedangkan Oppo A52 dibanderol Rp 2.999.000.

Nah, itulah perbandingan spesifikasi antara Redmi 9 dan Oppo A52. Tunggu pembahasan lebih lanjut mengenai kedua perangkat di artikel selanjutnya.

(Dam/Isk)