Sukses

Cetak Sejarah, Kaset Gim Super Mario Bros Jadul Terjual Rp 1,6 Miliar

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kaset gim jadul Super Mario Bros yang masih dalam kondisi tersegel baru saja mengukir sejarah dalam industri gim dunia. Kenapa?

Kartrid gim yang pertama kali diluncurkan pada 1985 ini berhasil terjual ke penawar anonim di dalam sebuah acara lelang yang diadakan oleh Heritage Auctions.

Terjual seharga USD 114,000 atau Rp 1,6 miliar, kartrid Super Mario Bros ini mampu mengalahkan rekor lelang sebelumnya--untuk gim yang sama--seharga USD 100.000 atau Rp 1,4 miliar pada Februari 2019.

"Permintaan untuk gim ini sangat tinggi, bilamana memang ada yang dijual lag i maka kemungkinan besar banderol harganya akan serupa dengan yang saat ini," ucap Valarie McLeckie, Heritage Auctions Video Games Director, di dalam keterangan resminya, Senin (13/7/2020).

 

2 dari 3 halaman

Alasan Gim Ini Terjual dengan Harga Mahal

Seorang pria berjalan melewati logo Nintendo Co. Jepang yang dipajang di toko baru Nintendo di Tokyo, 19 November 2019. Nintendo akan meresmikan toko pertamanya di ibu kota Jepang tersebut pada pekan ini. (Behrouz MEHRI/AFP)

Lebih lanjut, gim Super Mario Bros kali ini mampu mencetak sejarah disebabkan masih terbungkus di dalam kotak penjualannya.

Tak hanya itu, kartrid ini juga masih tersegel di dalam hangtab (plastik gantung di luar kotak kartrid).

"Gim Super Mario Bros ini masih di dalam plastik yang diproduksi secara terbatas di pasar AS sebelum akhirnya menggunakan plastik yang disusutkan untuk menyegel setiap video game," jelas Heritage Auctions.

Karena masih menggunakan hangtab tersebut, harga kartrid gim Super Mario Bros ini pun dijual dengan harga yang fantasis.

 

3 dari 3 halaman

Gim Langka Lainnya yang Dijual

Selain Super Mario Bros, Heritage Auctions juga melelang sejumlah judul gim Nintendo langka dan masih disegel lainnya.

Adapun gim langka lainnya yang dilelang, termasuk gim Mike Tyson's Punch-Out yang masih disegel dan dijual seharga USD 50.000.

Lainnya ada gim Super Mario Bros 3 yang sangat langka, dengan label "Bros" di sisi kiri penutup depan; barang itu, satu dari hanya 10 yang diketahui ada, dijual seharga USD 38.000.

(Ysl/Isk)