Sukses

Nokia, LG, dan Sharp Siapkan Smartphone 5G Murah

Liputan6.com, Jakarta - Qualcomm baru saja merilis chipset 5G pertama untuk smartphone dengan harga terjangkau, yakni Snapdragon 690. Kehadiran chipset ini diyakini akan menghadirkan lebih banyak smartphone 5G dengan harga murah.

Senior Director Product Management Qualcomm Deepu John dalam sesi pre-briefing Snapdragon 690 yang diikuti Tekno Liputan6.com menyebut, kisaran harga smartphone yang memakai Snapdragon sekitar USD 300 (atau setara Rp 4 jutaan). Namun, semuanya diatur oleh vendor, sesuai spesifikasi fisik yang dipakai.

Deepu John mengungkapkan, perangkat yang diperkuat chipset Snapdragon 690 diprediksi rilis pada paruh kedua 2020.

"Pengguna-pengguna awal Snapdragon 690 5G adalah EOM seperti HMD Global (Nokia), LG, Motorola, Sharp, TCL, dan lain-lain. Dengan harga lebih terjangkau, miliaran konsumen di seluruh dunia bisa menikmati 5G," kata dia dalam sesi pre-briefing, belum lama ini.

Chief Product Officer HMD Global Juho Sarvikas pun membenarkan bahwa Nokia jadi salah satu vendor yang menghadirkan smartphone 5G terjangkau menggunakan chipset Snapdragon 690.

2 dari 3 halaman

Nokia dan LG

"Kini dengan Snapdragon 690, kami bersemangat bahwa 5G bisa diakses oleh lebih banyak penggemar Nokia. Anda bisa mendapatkan pengalaman berharga 5G yang didukung PureDisplay dan inovasi ZEISS Imaging dengan harga lebih terjangkau," tutur Sarvikas, sebagaimana dikutip dari keterangan resmi Qualcomm.

Tidak ketinggalan, LG pun bakal merilis smartphone terjangkau dengan teknologi 5G.

"LG akan menghadirkan teknologi 5G ke smartphone dengan harga lebih rendah, melalui chipset Snapdragon 690," tutur Senior Vice President 5G and Network Technology and Strategy LG Electronics Kim In-Kyung.

3 dari 3 halaman

Motorola hingga TCL

Begitu juga Motorola, Sharp, dan TCL yang mengandalkan Snapdragon 690 untuk menghadirkan smartphone 5G terjangkau ke lebih banyak konsumen di seluruh dunia.

Sayangnya, vendor-vendor smartphone ini tidak menyebutkan seri smartphone 5G apa saja yang bakal mereka rilis di paruh kedua 2020.

Namun, Qualcomm memperkirakan, akan ada lebih dari 1.800 perangkat terjangkau yang didukung jaringan 5G yang dirilis dengan Snapdragon 690.

(Tin/Why)