Sukses

Asisten Virtual Amazon Echo Look Setop Beroperasi per 24 Juli

Liputan6.com, Jakarta - Pada 2017, Amazon memperluas lini perangkat pintar Echo besutannya dengan perangkat baru bernama Echo Look.

Echo Look pada dasarnya adalah sejenis kamera pintar yang bekerja dengan AI, mencari informasi, dan feedback untuk menentukan apakah pakaian yang dikenakan pengguna sudah bagus.

Kamera pintar ini juga memungkinkan pengguna mendapatkan saran terkait model pakaian apa yang seharusnya dikenakan.

Ide Echo Look pada dasarnya sangat menarik, sayangnya eksperimen Amazon atas Echo Look dianggap sudah cukup.

Juru bicara Amazon pun akhirnya mengkonfirmasi bahwa mulai 24 Juli 2020, Echo Look akan dihentikan. Aplikasi dan perangkatnya pun akan berhenti berfungsi.

Mengutip Ubergizmo, Selasa (2/6/2020), alasan Amazon menghentikan operasional Echo Look karena perusahaan telah memindahkan sejumlah fitur di Echo Look ke aplikasi Amazon Shopping.

Artinya, perusahaan tidak lagi membutuhkan perangkat kamera pintar itu.

2 dari 3 halaman

Asisten Gaya Hidup

"Saat kami memperkenalkan Echo Look tiga tahun lalu, tujuan kami adalah untuk melatih Alexa menjadi asisten gaya hidup yang menerapkan AI dan machine learning untuk membantu kebutuhan fashion penggunanya," kata Amazon.

Lebih lanjut perusahaan juga menyebutkan, dengan bantuan para konsumen, Amazon melakukan evolusi layanan.

"Dengan bantuan pelanggan, kami mengembangkan layanan yang memungkinkan Alexa memberikan saran pakaian dan menawarkan rekomendasi gaya," kata juru bicara Amazon.

Lebih lanjut, Amazon menyebut pihaknya telah memintahkan fitur Style by Alexa pada Echo Look ke aplikasi Amazon Shopping dan ke perangkat yang mendukung Alexa.

Dengan begitu, pengguna bisa lebih nyaman dan layanan ini tersedia untuk lebih banyak pengguna Amazon.

3 dari 3 halaman

Tentang Echo Look

Perangkat bernama Echo Look ini memiliki fitur kamera yang menggunakan perintah suara untuk berinteraksi dengan si pengguna. Echo Look dijual seharga US$ 199 atau berkisar Rp 2,6 jutaan. 

Dilansir dari The Next Web, Jumat (28/4/2017), Echo Look bekerja dengan menggunakan perintah suara. Caranya, ambil foto atau video pakaian yang kamu kenakan saat itu, yang kemudian kamu post ke media sosial.

Kamu tak perlu repot mengambil foto dengan smartphone sambil berkaca, karena foto akan diambil melalui kamera Echo Look. Perangkat ini nantinya akan menganalisis gaya berpakaian dari outfit yang dikenakan.

Echo Look dibekali fitur yang dapat mengaburkan gambar latar (background) agar perangkat dapat fokus menganalisis pakaian secara penuh. 

Echo Look akan memberikan semacam penilaian dalam bentuk persentase untuk menentukan pakaian mana yang lebih tepat kamu kenakan berdasarkan tren terkini dan outfit yang lebih kamu sukai.

Tak hanya itu, Amazon juga merilis layanan bernama Style Check yang mengombinasikan algoritma machine learning dengan saran atau masukan dari pakar fashion.

(Tin/Isk)