Sukses

Begini Cara Main Gim Rahasia di Browser Edge, Chrome, dan Firefox

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar pengguna, peramban (browser) hanya digunakan sebagai alat untuk berselancar di dunia maya untuk mencari ragam informasi hingga update status ke layanan media sosial.

Namun, tak banyak yang mengetahui browser yang ada saat ini ternyata menyembunyikan rahasia menarik untuk mengusir rasa bosan, yakni bermain gim.

Setelah Google Chrome dan Mozzila Firefox, kini giliran peramban milik Microsoft menghadirkan gim menarik ke browser barunya.

Nah, bagaimana mengakses gim rahasia di masing-masing browser ini? Dikutip dari Lifehacker, Jumat (29/5/2020), berikut adalah caranya.

 

2 dari 4 halaman

1. Let's Surf di Microsoft Edge Chromium

Gim Let's Surf di browser Microsoft Edge Chromium. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Tak ingin ketinggalan dari Google dan Mozzila, Microsoft akhirnya merilis sebuah gim rahasia ke dalam browser terbarunya, Microsoft Edge Chromium.

Berjudul Let's Surf, gim ini dapat diakses bilama browser Edge Chromium kamu sudah di update ke versi terbaru.

Bila sudah di update, copy dan paste kalimat edge://surf ini ke browser. Untuk bermain, kamu dapat menggunakan tombol arah keyboard atau WASD untuk bergerak.

Kamu juga dapat menambah kecepatan dengan menekan tombol panah bawah beberapa kali. Jangan lupa untuk tekan tombol "F" di keyboard menambah kecepatan lagi.

Tidak hanya itu, gim di Microsoft Edge ini menghadirkan tiga mode berbeda untuk gim ini, yakni classic surf mode, time trial, dan slalom mode.

 

3 dari 4 halaman

2. Chrome Offline Dinosaur

Permainan T-Rex di Google Chrome. Foto: Business Insider

Apa yang kamu lakukan bila di Google Chrome yang kamu gunakan, muncul tulisan "There is no internet connection"?

Selain menunggu koneksi internet kembali terhubung, mungkin ini tandanya kamu sebaiknya memainkan gim unik buatan Google.

Untuk membantu pengguna yang merasa kesal karena koneksi internet bermasalah, Google Chrome memutuskan membuat sebuah gim endless runner dengan karakter utama seekor T-Rex.

Yang perlu kamu lakukan hanya menekan tombol Space (spasi) di keyboard saat gambar T-Rex tersebut muncul di Google Chrome desktop, atau tap pada layar di Google Chrome smartphone.

Oiya, kamu dapat tetap memainkan gim ini walaupun koneksi internet tetap berfungsi. Untuk main, kamu bisa ketik chrome://dino di address bar.

 

4 dari 4 halaman

3. Mozzila Firefox: Pong

Gim Pong di browser Mozzila Firefox. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Berbeda dari gim di Edge Chromium dan Chrome, Mozzila "menyembunyikan" gim perambannya dengan cukup rapih.

Untuk bisa main, klik kanan di toolbar dan pilih "Customize". Nanti jendela baru yang muncul, kamu bisa seret (click dan drag) setiap ikon ke menu OverFlow.

Pada akhirnya, kamu akan melihat opsi "Flexible space" di layar utama browser. Nanti akan ada ikon unicorn di bagian bawah, klik tombol itu dan kamu pun bisa main gim Pong.

(Ysl/Isk)