Sukses

Tautan Grup Privat WhatsApp Muncul di Pencarian Google

Liputan6.com, Jakarta - Tautan grup pribadi/privat WhatsApp muncul di hasil mesin pencari Google. Hal ini dilaporkan oleh jurnalis multimedia untuk media Jerman Deutsche Welle, Jordan Wildon.

Dilansir dari Phone Arena, Selasa (25/2/2020), Jordan melalui Twitter mengungkapkan grup WhatsApp mungkin tidak seaman yang orang kira. Ia mengunggah hasil tangkapan layar, memperlihatkan beberapa tautan ke grup WhatsApp muncul di hasil pencarian Google.

Hal tersebut diduga karena ketika pengguna mengirimkan tautan kepada seseorang untuk bergabung dengan grupnya, itu akan diindeks oleh Google dan dapat diakses.

Seorang juru bicara WhatsApp mengingatkan orang-orang bahwa tautan yang seharusnya pribadi, tidak boleh diungkapkan di situs web yang dapat diakses publik. Penjelasannya itu dinilai sebagai penyebab munculnya tautan grup WhatsApp di mesin pencari Google.

Ketika sebuah tautan untuk grup pribadi diunggah di situs web umum, maka akan dapat digunakan oleh siapa saja untuk bergabung. Konsekuensinya, orang tersebut akan dapat melihat semua isi pesan di dalamnya.

2 dari 2 halaman

Penjelasan Lain

Reverse engineer, Jane Manchun Wong, mengungkapkan pendapatnya di Twitter tentang masalah tersebut. Dia menilai hal tersebut disebabkan hasil kesalahan konfigurasi yang membuat sekira 470 ribu tautan undangan grup diindeks, bukan karena seseorang tidak hati-hati ketika membagikannya.

Ia mengungkapkan, WhatsApp dapat mengubah konfigurasi tertentu agar halaman undangan tidak muncul di mesin pencari.

Kendati demikian, WhatsApp sampai saat ini dilaporkan tetap menilai masalah tersebut bukan karena bug.

(Din/Why)