Sukses

Deretan Smartphone dengan Kamera Terbaik 2019

Liputan6.com, Jakarta - Kamera tak dimungkiri telah menjadi fitur penting untuk smartphone saat ini. Karenanya, sejumlah vendor pun berlomba-lomba menawarkan kemampuan kamera mumpuni di perangkat besutannya.

Perlu diketahui, kemampuan kamera mumpuni biasanya dibarengi pula dengan banderol harga yang cukup tinggi. Untuk itu, deretan smartphone kamera berkualitas tinggi biasanya hadir di perangkat premium.

Lantas, model smartphone apa saja yang berhasil menyandang predikat sebagai smartphone dengan kamera terbaik untuk 2019? Tekno Liputan6.com pun merangkumnya seperti dikutip dari DxOMark, Jumat (2/1/2020). 

Namun perlu diingat, posisi dalam daftar smartphone ini tidak diurutkan berdasarkan kemampuan, melainkan secara acak.

Untuk informasi, daftar ini adalah produk yang dijual di Indonesia, sehingga dapat menjadi referensimu apabila ingin mengganti perangkat di tahun baru.

1. Samsung Galaxy Note 10 Plus

Samsung Galaxy Note 10 Plus hadir dengan empat kamera belakang yang terdiri dari 16MP (ultra wide), 12MP (wide angle), 12MP (telephoto), dan depth vision camera.

Berdasarkan hasil di DxOMark, skor yang diperoleh dari pengujian Galaxy Note 10 Plus adalah 117 untuk keseluruhannya. Ulasan menyebut performa kamera smartphone ini konsisten dalam hal wide dynamic range hingga kondisi warna yang ditampilkan.

Hasil foto untuk dalam ruangan terbilang sangat baik, dengan distorsi yang terkontrol. Sementara untuk kondisi low light, hasil foto detail dan minim noise.

2 dari 5 halaman

2. Huawai Mate 30 Pro

Smartphone merupakan model teranyar dari Huawei yang hadir di Indonesia. Mate 30 Pro memiliki empat kamera belakang yang terdiri dari 40MP Cine Camera ultra wide angle, 40MP Super Sensing Camera, 8MP telephoto, dan 3D depth sensing camera.

Hasil ulasan DxOMark mencatat smartphone ini menjadi yang terbaik dengan skor keseluruhan 121. DxOMark menuliskan smartphone ini memiliki kemampuan menangkap gambar dalam kondisi low light dan memiliki wide dynamic range.

Selain itu, kamera Mate 30 Pro mampu menghasilkan tekstur dan noise balance yang mengagumkan. Hasil foto kamera smartphone ini juga dapat menampilkan detail yang tinggi di banyak kondisi.

3 dari 5 halaman

3. Apple iPhone 11 Pro Max

iPhone 11 Pro Max merupakan smartphone pertama Apple dengan tiga kamera belakang. Adapun kamera itu terdiri dari 12MP (lensa utama), 12MP (ultrawide), dan 12MP (telephoto).

DxOMark mencatat skor keseluruhan uji kamera iPhone 11 Pro Max mencapai 117. Kamera smartphone ini mampu menghasilkan hasil foto dengan exposure yang tampil baik dan dynamic range yang lebar.

Apple turut menyertakan teknologi baru bernama Deep Fusion untuk meningkatkan kemampuan kameranya. Salah satu yang paling peningkatan yang paling terlihat dari kamera iPhone 11 Pro Max adalah detail dan tekstur.

4 dari 5 halaman

4. Asus Zenfone 6

Zenfone 6 merupakan seri flagship terbaru dari Asus. Kamera smartphone ini tampil unik dengan mengusung desain flip-up, sehingga dapat berguna sebagai sebagai kamera depan dan belakang.

Memiliki dua kamera, lensa utama Zenfone 6 beresolusi 48MP, sedangkan lensa sekunder ultrawide memiliki resolusi 13MP. Dari skor DxOMark, kamera smartphone ini mencatat skor keseluruhan 104.

Kekuatan utama kamera Zenfone 6 adalah autofocus yang akurat dan cepat, noise yang terkontrol, dan color rendering yang memuaskan. Kamera perangkat ini juga memiliki wide dynamic range apik dan warna yang cukup akurat.

5 dari 5 halaman

5. Oppo Reno 10x Zoom

Sesuai namanya, Reno 10x Zoom memiliki kemampuan untuk mengambil gambar hingga zoom 10 kali. Oppo menggunakan desain periskop sehingga smartphone ini memiliki 5x optical tele-lens.

DxOMark mengulas kemampuan kamera ini dan memberikan skor keseluruhan 116. Mengingat Reno 10x Zoom menawarkan teknologi 5x optical tele-lens, kemampuan zoom smartphone ini menjadi unggulan.

Kameranya mampu menangkap hasil foto yang apik dalam banyak situasi, termasuk tangkap hasil lensa zoom yang cukup detail. Hal itu juga berlaku untuk lensa ultra-wide yang beresolusi 8MP.

(Dam/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Flash Sale Kedua Realme 5i di Indonesia Tembus 11.000 Unit
Artikel Selanjutnya
Oppo Find X2 Bakal Pakai Sensor 48MP dari Sony dan Snapdragon 865