Sukses

Alamat Email dan Nomor Telepon Pengguna OnePlus Terekspos

Vendor smartphone OnePlus mengakui bahwa sistem keamanannya oleh ditembus oleh pihak tak berizin.

Liputan6.com, Jakarta - OnePlus mengakui sistem keamanannya telah ditembus oleh pihak tak berizin. Hal ini diungkapkan salah satu staf keamanan OnePlus bernama Ziv C di laman forum OnePlus belum lama ini.

"Kami ingin memberi tahu ke Anda, kami menemukan bahwa sejumlah informasi pengguna diakses oleh pihak yang tidak memiliki izin," kata Ziv, dikutip Tekno Liputan6.com dari lama forum OnePlus, Senin (25/11/2019).

Ziv mengonfirmasi, seluruh informasi pembayaran, kata sandi, serta akun pengguna aman. Namun, ada data lainnya yang mungkin telah terekspos.

"Ada nama, nomor telepon, alamat email, dan alamat pengiriman dari pengguna tertentu yang mungkin telah terekspos," kata Ziv.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Terima Email Spam

Ia pun menyebutkan, pengguna yang terdampak, kemungkinan telah menerima email yang memuat spam dan phishing sebagai akibat dari insiden ini.

"Kami mengambil langkah yang cepat untuk menghentikan adanya penyusup dan pembobol keamanan," kata Ziv.

3 dari 3 halaman

Sudah Informasikan ke Pengguna

Ia melanjutkan, sebelum mengumumkan kepada publik, OnePlus sudah lebih dahulu menginformasikan kasus bocornya keamanan mereka ke pengguna melalui email.

"Kini kami bekerja sama dengan otoritas terkait untuk menginvestigasi masalah ini," tulis dia.

Tak lupa, mewakili OnePlus, Ziv juga meminta maaf dan berkomitmen untuk memastikan insiden serupa tidak terjadi di masa yang akan datang.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.