Sukses

Bill Gates Sebut Windows Mobile Bisa Saingi Android, Andai..

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates kembali membuat pernyataan yang berhubungan dengan Android. Kali ini, pendiri Microsoft itu mengatakan Windows Mobile sebenarnya bisa mengalahkan Android andai tidak terjerat masalah anti-trust dari Departemen Hukum Amerika Serikat.

Pernyataan itu diutarakannya saat berbicara dalam acara DealBook Conference di Amerika Serikat. Dalam kesempatan itu, dia mengatakan Microsoft mengalami kerugian yang sangat besar akibat masalah anti-trust yang dilayangkan otoritas Amerika Serikat.

Sekadar informasi, pada 2001, Microsoft dianggap telah melanggar aturan tentang monopoli dan persaingan usaha tidak sehat. Karenanya, perusahaan sempat goyah dan mengalihkan fokus ke persoalan hukum tersebut.

"Anti-trust buruk bagi Microsoft, dan kami sebenarnya dapat lebih fokus menciptakan sistem operasi mobile. Jadi, alih-alih menggunakan Android saat ini, kamu akan memakai Windows Mobile," tuturnya seperti dikutip dari The Verge, Sabtu (9/11/2019).

Dia mengatakan, Microsoft sebenarnya tinggal sedikit lagi untuk mulai menciptakan sistem operasi mobile. Namun fokus itu terpecah karena kasus anti-trust, sehingga pengembangannya tidak lagi berlanjut.

"Kami terlambat tiga bulan merilis (sistem operasi mobile) yang akan digunakan Motorola. Sekarang tidak ada orang di sini yang pernah mendengar Windows Mobile," tuturnya melanjutkan.

 

2 dari 2 halaman

Sempat Utarakan Pernyataan Senada

Pendiri perusahaan raksasa Microsoft, Bill Gates (AFP PHOTO/JOSHUA LOTT)

Pernyataan senada sebelumnya juga pernah diungkapkan oleh Gates tahun ini. Dia mengatakan salah satu kesalahan terbesar yang dilakukannya adalah membiarkan Google merilis Android.

Gates mengatakan, di dunia software terutama untuk platform tertentu menganut sistem winner-takes-all market. Maksudnya, perusahaan dengan performa apik di bisnis software akan mampu menguasai pasar secara luas.

"Kesalahan terbesar adalah...kesalahan manajemen apa pun yang berhubungan dengan saya sehingga Microsoft tidak seperti Android," tuturnya.

Gates sendiri mengatakan hal itu bukannya tanpa alasan. Sebab sejak lama, Microsoft merupakan perusahaan yang sangat unggul di bidang software, terutama sistem operasi.

"Itu dia, Android merupakan platform ponsel standar saat ini--non Apple. Sesuatu hal yang sebenarnya wajar dimenangkan oleh Microsoft," tuturnya.

Namun saat itu, Microsoft memang tidak fokus ke perangkat mobile, terutama perangkat dengan layar sentuh. Meski menyesal, Bill Gates tetap menyebut Microsoft sebagai perusahaan yang sangat kuat saat ini.

Hanya Gates mengandaikan jika tidak ada kesalahan tersebut, Microsoft akan menjadi 'perusahaan terkemuka', tidak sekadar 'salah satu perusahaan terkemuka'.

(Dam/Ysl)

Loading
Artikel Selanjutnya
Microsoft Resmi Matikan Windows 10 Mobile
Artikel Selanjutnya
Huawei Bakal Rilis Serangkaian Perangkat HarmonyOS Tahun Depan