Sukses

Profil Johnny G. Plate, Kandidat Kuat Menkominfo

Liputan6.com, Jakarta - Johnny G. Plate menjadi kandidat kuat untuk menempati posisi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) di Kabinet Kerja Jilid 2 periode 2019-2024.

Sebelum dikenal sebagai politikus, pria kelahiran 10 September 1956 ini adalah seorang pengusaha. Johnny G. Plate memulai bisnisnya pada awal 1980-an, yang bergerak di bidang alat-alat perkebunan.

Karir politiknya dimulai sejak 2013 saat pria jebolan Universitas Katolik Atma Jaya ini bergabung ke Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI), dan dipercaya sebagai Ketua Mahkamah PKDI.

Selanjutnya, dia berlabuh ke Partai Nasional Demokrat (NasDem). Kini, Johnny G. Plate berstatus sebagai Sekretaris Jenderal Nasdem. Dia lolos ke Senayan untuk periode 2014 sampai 2019 dari Nusa Tenggara Timur (NTT).

Johnny G. Plate mendapat posisi di Komisi XI membidangi keuangan, perencanaan pembangunan nasional, perbankan, dan lembaga keuangan bukan bank di DPR RI untuk periode 2014-2019.

 

2 dari 2 halaman

Pembicaraan dengan Jokowi

Saat bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (22/10/2019), ia mengatakan bakal mengemban tanggung jawab yang berkaitan dengan startup dan pengembangan digitalisasi.

"Berhubungan dengan startup dan pengembangan digitalisasi, dan regulasi yang berhubungan dengan perlindungan data pribadi," kata Johnny kepada awak media, seusai pertemuannya dengan Presiden Jokowi," Selasa (22/10/2019) di Istana Negara, Jakarta.

Isu mengenai startup dan perlindungan data pribadi sendiri merupakan tanggung jawab Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

Johnny merupakan politikus ketiga dari Partai Nasdem yang diundang ke istana menjelang pengumuman kabinet Jokowi-Ma'ruf pada Rabu besok.

Sebelum Johnny G. Plate, kader Nasdem lain yang sudah mendatangi istana adalah Syahrul Yasin Lompo dan Siti Nurbaya.

(Isk/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Facebook Siap Patuhi Regulasi Indonesia soal Layanan Digital
Artikel Selanjutnya
Menkominfo Terus Pantau Kasus Peretasan WhatsApp Lewat Spyware Buatan Israel