Sukses

Sejumlah Akun YouTuber Tenar Jadi Korban Aksi Peretasan

Liputan6.com, Jakarta - Selama akhir pekan, sejumlah akun YouTuber kenamaan di dunia menjadi target serangan siber terkoordinasi oleh hacker.

Meski belum diketahui siapa dalang aksi peretasan tersebut, mereka menargetkan influencer di berbagai genre kanal YouTube.

Adapun kanal (channel) YouTube yang menjadi korban aksi peretasan tersebut, termasuk teknologi, musik, gim, dan otomotif.

Menjadi korban peretasan, mereka pun langsung mengeluh dan bertanya-tanya bagaimana akun YouTube mereka bisa di hack lewat Twitter.

Mengutip laporan penyelidikan ZDNet, Senin (24/9/2019), YouTuber di berbagai dunia tersebut telah menjadi korban dari serangan phishing yang terkoordinasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Cara Hacker Akses Akun YouTuber

Hacker. Dok: youtube.com

Berdasarkan laporan yang sama, para peretas mampu mendapatkan database dan mengirim halaman login Google palsu ke masing-masing alamat email terkait.

Namun, laman tersebut malah mencuri informasi data korban dan menggunakannya untuk mengakses akun YouTube mereka.

Hacker pun langsung mentransfer seluruh data korban ke pemilik baru dan mengubah alamat URL kanal YouTube, sehingga membuat korban berpikir akun mereka telah dihapus.

Hingga saat ini, masih belum diketahui apakah aksi peretasan sejumlah akun YouTuber tenar tersebut dilakukan oleh kelompok hacker atau satu orang.

(Ysl/Why)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS