Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Review Realme 5 Pro, Smartphone Rp 3 Jutaan dengan RAM 8GB dan Kamera 48MP

Liputan6.com, Jakarta - Realme 5 Pro merupakan penerus dari Realme 3 Pro. Smartphone anyar ini diklaim menawarkan hardware yang lebih baik dan empat kamera utama.

Smartphone dengan harga Rp 3 jutaan ini hadir dengan paket penjualan meliputi case perlindungan transparan, ejector SIM, charger 20W VOOC, kabel USB-C, serta buku manual dan kartu garansi.

Dengan harga terjangkau dan spesifikasi yang ditawarkan, Realme 5 Pro bersaing ketat dengan Redmi Note 7 Pro, Realme X, Vivo Z1 Pro, Samsung Galaxy M30, Samsung Galaxy A30, and Honor 20i.

Apakah smartphone ini layak dijadikan pilihan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain

Realme 5 Pro mengadopsi desain potongan berlian yang merupakan ciri khas dari Realme. Perangkat yang mampir ke meja redaksi Tekno Liputan6.com adalah varian Crystal Green.

Panel belakang memiliki pola desain berlian yang merupakan variasi dari gradien. Realme mengatakan detail halus dicapai melalui proses yang kompleks dan butuh 78 penyesuaian untuk menyempurnakan tampilan akhir.

Realme 5 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Dengan mengoptimalkan lekuk samping bodi, bingkai tengah secara visual lebih ramping dan ringan. Desain 3D yang ramping melengkung ke belakang, membuatnya pas dalam genggaman.

Realme 5 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Smartphone ini sebagian besar terbuat dari polikarbonat dan memiliki lapisan kaca. Panel belakangnya halus dengan lekukan yang mulus di tepinya. Meskipun tidak semewah Realme X, Realme 5 Pro tidak terasa murahan.

Bagian samping juga plastik sebagai tempat kartu SIM dan tombol volume di sebelah kiri, serta tombol daya di tepi kanan. Bila dilihat lebih dekat, kamu akan melihat bezel yang sangat tipis di samping dan dagu yang relatif lebih besar di bagian bawah.

Realme 5 Pro. Liputan6.com/IskandarRealme 5 Pro. Liputan6.com/IskandarRealme 5 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Di bagian belakang tertanam empat kamera. Penempatannya sedikit menonjol, namun case yang dibundel dalam paket penjualan membuatnya tampak rata.

Di sebelah kanan modul kamera belakang Realme 5 Pro, ada sensor sidik jari kapasitif, di mana responsnya cukup cepat dan dapat diandalkan. Sementara port pengisian daya Tipe-C dan audio jack 3,5mm ada di bagian bawah bodi.

2 dari 6 halaman

Layar

Realme 5 Pro memiliki layar FHD+ 6,3 inci (2340×1080 piksel) yang menawarkan tampilan lebih luas dan lebih jelas. Dengan "desain dewdrop" yang elegan, kamera depan dan sensor terintegrasi di bagian atas layar.

Realme mengklaim bagian mukanya lebih dari 90 persen rasio layar ke bodi sehingga tampak frameless. Notch-nya pun 30 persen lebih kecil dari smartphone yang ada di pasaran saat ini.

Soal antarmuka, Realme 5 Pro dilengkapi dengan user interface ColorOS 6.0 terbaru, dan memiliki desain yang disesuaikan dengan stock Android (dirancang khusus untuk smartphone ini), sehingga menyajikan pengalaman penggunaan yang simpel dan halus.

3 dari 6 halaman

Performa

Realme 5 Pro ditopang prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE baru yang ditingkatkan dengan arsitektur delapan inti Kryo. Inti CPU ditingkatkan ke angka 2,3 GHz, di mana kinerja keseluruhan 10 persen lebih tinggi dari prosesor Qualcomm Snapdragon 710 generasi sebelumnya.

Smartphone ini juga dilengkapi GPU Adreno 616, dengan kinerja grafis dan efisiensi energi meningkat hingga 35 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE menggunakan teknologi proses FinFET 10nm yang secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa pakai baterai yang lebih lama.

Prosesor yang ada juga didukung mesin pemrosesan AI generasi ketiga. Kekuatan pemrosesannya diklaim meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan dengan mesin pemrosesan AI generasi kedua.

Hasil benchmark Realme 5 Pro. Liputan6.com/Iskandar

Perangkat yang kami review adalah model RAM 8GB dan memori internal 128GB. Jenis RAM-nya adalah LPDDR4X dan kelas penyimpanannya adalah UFS 2.1. Teknologi ini memberikan pengalaman penyimpanan yang halus dan cepat.

Selama menggunakan Realme 5 Pro, performanya terasa cepat dan smooth. Dengan RAM yang besar, smartphone ini mampu menahan beberapa aplikasi aktif dalam memori, sehingga memberikan pengalaman multitasking yang lancar.

Saat kami menguji smartphone ini menggunakan aplikasi benchmarking AnTuTu Benchmark, skor yang didapat rata-rata berkisar 170.000 poin. Skor tertinggi yang didapat adalah 178.965.

4 dari 6 halaman

Kinerja Baterai

Realme 5 Pro dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4035mAh, dapat memenuhi penggunaan sehari-hari bagi pengguna dengan mobilitas tinggi.

Pada saat yang sama, Realme 5 Pro memiliki fungsi AI Freezer di tingkat sistem, yang dapat secara cerdas memprediksi penggunaan aplikasi pengguna, dan segera membekukan aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat daya.

VOOC Flash Charge 3.0 menghadirkan 18 teknologi pengisian cepat bertegangan rendah yang dipatenkan. Teknologi ini menggunakan mode tegangan rendah, arus tinggi untuk memastikan kecepatan pengisian sambil mengurangi panas adaptor dan ponsel dalam proses pengisian.

Waktu pengisian dari 1 persen hingga 100 persen diklaim 23,8 persen lebih cepat dari VOOC Flash Charge 2.0. Algoritma generasi baru ini mengurangi masalah ketidakstabilan daya pengisian daya cepat dengan cara yang tertarget.

5 dari 6 halaman

Kamera

Soal fotografi, Realme 5 Pro menghadirkan kombinasi quad-camera dari kamera utama 48MP (Sony IMX586) plus lensa ultra-wide-angle 119 derajat, lensa ultra macro, dan lensa portrait.

Realme 5 Pro menggunakan Sony IMX586 sebagai sensor kamera utamanya, berukuran 1/2.0 inch dengan aperture f/1.7.

Dalam kondisi cahaya rendah, Realme X berhasil membuat kami terkesan dengan gambar bebas noise. Mode Nightspace dapat meningkatkan pengambilan gambar di kondisi gelap.

Mode Portrait pada Realme 5 Pro juga layak diperhitungkan, di mana eksposur, suhu warna, rona, dan parameter lainnya dapat disesuaikan dengan baik.

Sedangkan untuk selfie dipercayakan dengan kamera 16MP f/2.0. Hasilnya memberikan output yang layak, tetapi sangat tergantung pada fitur AI sehingga terkadang mengorbankan detail.

Berikut ini hasil foto-fotonya:

Hasil foto landscape dari kamera Realme 5 Pro (Liputan6.com/Iskandar)Hasil foto dari kamera Realme 5 Pro di kondisi rendah cahaya. (Liputan6.com/Iskandar)Hasil foto dari kamera Realme 5 Pro di dalam ruangan. (Liputan6.com/Iskandar)Hasil foto dari kamera Realme 5 Pro dalam Mode Portrait. (Liputan6.com/Iskandar)Hasil foto selfie dari kamera Realme 5 Pro (Liputan6.com/Iskandar)Hasil foto selfie dari kamera Realme 5 Pro (Liputan6.com/Iskandar)

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Realme 5 Pro bisa dibilang sebagai smartphone Snapdragon 712 termurah saat ini. Kamera serba guna dengan sensor Sony 48MP dan pengisian daya yang sangat cepat adalah fitur kekinian yang ditunggu-tunggu para pecinta smartphone.

Kesimpulannya, Realme 5 Pro layak dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin membeli smartphone spesifikasi tinggi dengan budget terbatas.

Jika kamu memiliki budget berlebih, Realme X dengan desain yang lebih premium dan tampilan AMOLED yang lebih jernih, patut dipertimbangkan.

(Isk/Why)

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengejar Sunset di Bukit Wairinding dengan Kamera Realme 5 Pro
Artikel Selanjutnya
Realme 5 Diklaim Punya Lensa Kamera Sapu Jagat