Sukses

Smartphone Terkunci? Begini Cara Mudah Membukanya

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti mengaktifkan password, passcode atau pola kunci untuk mengamankan smartphone dari gangguan orang iseng.

Celakanya, kadang kamu bisa lupa dengan passwordmu sendiri. Bukannya aman, malah bikin semakin ribet.

Sebenarnya, kamu bisa saja membuka smartphone kembali dengan melakukan factory reset. Cukup tekan kombinasi tombol Power dan Volume. Tapi resikonya, seluruh data bakal lenyap.

Tapi tenang, ada cara aman untuk mendapatkan akses kembali ke smartphonemu. Berikut Tekno Liputan6.com terangkan caranya.

1. Buka situs web Android Device Manager. Login dengan akun Gmail yang tersinkronisasi di smartphone-mu

2. Akan muncul informasi mengenai smartphone-mu, seperti lokasi terakhir dan status online terakhir. Lalu, ada 3 pilihan aksi: Ring, Lock dan Erase

3. Klik Lock, lalu kamu akan dihadapkan dengan kolom penggantian password. Buat password yang baru

4. Coba buka smartphonemu dan masukkan password yang tadi. Smartphonemu sudah bisa diakses lagi!

Kalau cara diatas belum berhasil, mungkin kamu memang harus melakukan factory reset di smartphone.

Selamat mencoba!

2 dari 3 halaman

Tips Atasi Smartphone yang Tidak Bisa Dicas

Smartphone yang kadang tidak bisa dicas memang menyebalkan. Aktivitas komunikasi jadi terganggu.

Daripada buru-buru bawa ke tempat service, coba perbaiki dulu sendiri. Beberapa langkah ini mungkin bisa kamu coba sebelum mengeluarkan biaya buat service smartphone.

1. Pastikan stop kontak dan port USB tempat kamu mengisi baterai berfungsi normal. Kadang, smartphone-mu tidak bisa di-charge karena memang dua hal itu sudah rusak dari awalnya.

2. Cek adapter dan kabel charging. Kalau tidak berfungsi di smartphone-mu, pakai smartphone lain. Pastikan juga kabel terpasang dengan baik dan tidak kendur.

3. Cek keaslian adapter dan kabelmu. Biasanya, charger adapter palsu justru malah tidak mampu mengisi daya smartphone.

Contohnya, kabel iPhone membutuhkan microchip khusus yang berlisensi, jadi kalau palsu atau tidak ada lisensi, bisa jadi itu yang menyebabkan smartphone tidak bisa dicas.

3 dari 3 halaman

Bersihkan Port Charging

4. Bersihkan port charging dari kotoran yang menyumbat dengan meniupnya atau menggunakan alat seperti tusuk gigi. Tapi hati-hati, jangan sampe merusak port charging.

5. Restart smartphone-mu.

6. Periksa perangkat lunak di smartphone dan pastikan terupdate hingga ke versi terbaru. Tapi kalau updatenya malah bikin smartphone tidak bisa dicharge, hapus versi baru tersebut.

7. Cek baterai. Kadang, baterai yang umurnya sudah tua punya daya yang lemah dan tidak bisa lagi menerima pengisian daya. Coba download aplikasi Ampere atau AccuBattery untuk melihat status kesehatan bateraimu.

8. Ingat-ingat, apakah pernah terjadi sesuatu pada smartphone sebelum tidak bisa dicas, misalnya terkena air atau jatuh? Meski ada smartphone yang diklaim tahan air, tetap saja ada peluang air bisa merusak mesin di dalam.

Kalau cara-cara di atas belum berhasil, mau tidak mau kamu harus memperbaikinya ke teknisi sebelum terlambat. Pastikan juga membawanya ke toko service resmi, ya.

Selamat mencoba!

(Tik/Isk)

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Simpan Status WhatsApp Teman Tanpa Screenshot
Artikel Selanjutnya
Perusahaan Keamanan Ini Klaim Bisa Ambil Seluruh Data iPhone