Sukses

Instagram Bakal Permudah Pemulihan Akun yang Kena Retas

Instagram dilaporkan sedang melakukan uji coba untuk mempermudah pengguna yang ingin memulihkan akunnya dari hacker.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram dilaporkan akan mempermudah pengguna yang kehilangan akunnya akibat aksi peretasan. Jadi, media sosial milik Facebook ini akan membantu pengguna untuk memulihkan akunnya yang telah diretas.

Untuk itu, seperti dikutip dari Engadget, Senin (17/6/2019), Instagram tengah melakukan uji coba proses pemulihan akun yang langsung berada di dalam aplikasi.

Tidak hanya memudahkan pengguna memulihkan akunnya, Instagram juga membantu pengguna untuk mencegah terjadinya peretasan. Adapun cara yang akan digunakan Instagram adalah memanfaatkan kode khusus.

Apabila sebelumnya, pengguna yang kena retas harus mengisi formulir khusus atau mengirim email, dengan cara ini pengguna cukup menghubungi pihak Instagram langsung dari aplikasi.

Setelah itu, pengguna wajib memberikan informasi terkait akun Instagram miliknya, seperti alamat email atau nomor telepon.

Lalu, pengguna akan mendapat kode tersebut sesuai dengan kontak yang dipilih, seperti email atau nomor telepon. Cara ini digunakan untuk memastikan hacker tidak memperoleh kode khusus dari perangkat lain. 

Tidak hanya itu, Instagram juga membantu pengguna apabila hacker berusaha mengganti nama akun atau kontak.

Jadi, Instagram menawarkan sistem keamanan yang memastikan bahwa nama sebuah akun tidak langsung dapat berubah begitu diganti, melainkan membutuhkan waktu terlebih dulu.

Sistem ini berlaku untuk seluruh tindakan penggantian nama, termasuk yang dilakukan secara sengaja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Ungkap Kehadirannya

Sayang, Instagram tidak mengungkap kapan fitur ini akan diterapkan secara global. Adapun sistem penguncian username ini sebenarnya sudah diterapkan untuk pengguna Android dan baru akan digulirkan ke pengguna iOS.

Keputusan Instagram untuk menghadirkan pembaruan sistem ini jelas upaya perusahaan untuk memperbaiki keamanan platformnya.

Terlebih, beberapa waktu lalu, Facebook mengakui ada sejumlah password Instagram yang tidak disimpan dengan semestinya.

3 dari 3 halaman

Stiker Music Instagram Bisa Hadirkan Lirik Lagu di Story

Sebelumnya, pengguna Instagram juga bisa menambahkan lirik lagu ke Story. Untuk melakukannya, pengguna harus menggunakan stiker musik di Story, dan cari lagu yang diinginkan.

Jika lirik tersedia pada lagu yang dipilih, pengguna bisa memilih berbagai huruf dan desain untuk kata-kata pada lagu tersebut. Para pengguna juga bisa mengedit bagian lagu yang diinginkan, untuk diputar di Story mereka.

Setelah itu, ketika seseorang melihat konten Story tersebut, maka lirik akan muncul secara otomatis. Jika seseorang menyentuk tulisan lirik tersebut, mereka akan bisa mendengar lagu, serta mengetahui penyanyinya.

Untuk saat ini, fitur lirik lagu tersebut hanya tersedia di beberapa wilayah yang sudah bisa menggunakan stiker Music. Sayangnya, Indonesia merupakan salah satu negara yang belum bisa menikmati fitur stiker Music tersebut.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.