Sukses

Konami Resmi Rilis Ulang TurboGrafx-16

Liputan6.com, Jakarta - Konami dilaporkan mengikuti langkah sejumlah perusahaan gaming yang merilis konsol lawas. Kali ini, perusahaan asal Jepang itu merilis ulang NEC TurboGrafix-16.

Namun seperti dikutip dari Polygon, Minggu (16/6/2019), konsol yang dirilis ulang ini hadir dengan ukuran lebih kecil. Karenanya, konsol diberi nama TurboGrafx-16 Mini.

Sama seperti konsol lawas lain yang dirilis ulang, TurboGrafx-16 Mini hadir dengan sejumlah gim klasik bawaan. Konsol ini hadir dengan dua kontroler.

Konami baru mengumumkan enam gim yang akan hadir, tapi pihaknya menyebut akan ada judul lain yang menyambangi konsol ini.

Adapun enam judul gim yang akan tersedia di konsol ini adalah R-Type, New Adventure Island, Ninja Spirit, YS Book I & II, Dungeon Explorer, dan Alien Crush.

Meski sudah memastikan kehadirannya, Konami belum mengumumkan kehadiran dan harga dari konsol ini. Perlu diketahui, TurboGrafx-16 pertama kali dirilis pada 1987 dan dibuat berdasarkan PC Engine.

Konsol ini terbilang sukses di Amerika Serikat dan menjadi pesaing Sega Genesis maupun Super NES. Rencananya, Konami juga akan merilis ulang konsol ini di Jepang dengan judul gim berbeda dari pasar Amerika Serikat.

2 dari 3 halaman

Ini Dia 10 Judul Gim Sega yang Bakal Hadir di Mega Drive Mini

Sebelumanya, Sega juga mengumumkan akan merilis ulang konsol lawas besutannya, yakni Mega Drive Mini. Kehadiran konsol disebut-sebut mengekor kesuksesan Nintendo yang telah melakukan hal serupa.

Rencananya, gim ini akan diluncurkan pada September 2019 dengan 40 gim klasik di dalamnya.

Sega sendiri belum mengungkap seluruh judul gim yang akan ada di konsol, tapi sudah ada beberapa judul yang diungkap.

Dikutip dari Eurogamer, Senin (20/5/2019), kini ada 10 judul gim lawas yang dipastikan hadir di Mega Drive Mini. 10 judul ini menambah jajaran judul lain yang sudah diumumkan, seperti Sonic the Hedgedog dan Altered Beast.

3 dari 3 halaman

Pernah Rilis Konsol Mega Drive Sebelumnya

Sebelum resmi mengumumkan konsol Mega Drive Mini, Sega sempat memberikan lisensi konsolnya ke perusahaan AtGames (yang juga memproduksi ulang konsol lawas Atari).

Mereka bertanggung jawab memproduksi konsol 'tiruan' buatan Sega seperti Sega Genesis Flashback yang kurang sukses diterima oleh gamer di berbagai negara.

Menyambut pengumuman besar Sega tersebut, AtGames mengungkap kalau konsol Mega Drive Mini ini akan menggunakan hardware besutan perusahaan.

Sayang, setelah mengungkap hal itu lewat akun resmi AtGames, unggahan itu ternyata langsung dihapus. Belum diketahui apa yang menyebabkan post tersebut hilang.

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading