Sukses

Fokus Masuk di Pasar Global, Oppo Bakal Kurangi Endorse Artis?

Liputan6.com, Jakarta - Bicara tentang promosi smartphone dengan duta besar berupa artis atau selebritas, sudah pasti Oppo jadi juaranya.

Bagaimana tidak, Oppo memiliki sederetan selebritas terkemuka di Tanah Air menjadi brand ambassador produknya. Langkah promosi yang sama dilakukan oleh Oppo di negara-negara Asia lainnya.

Namun demikian, baru-baru ini Oppo mengumumkan, telah bermitra dengan event pertandingan olahraga terkemuka dunia, yakni Wimbledon Tennis Championship. Demikian dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizmochina, Kamis (9/5/2019).

Oppo menjadi satu-satunya partner event olahraga tersebut yang berasal dari industri smartphone, sekaligus satu-satunya perusahaan Asia yang jadi sponsor.

Kemitraan ini tampaknya menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk menjangkau lebih banyak konsumen di pasar global.

Haltersebut cukup masuk akal, apalagi Oppo kini jadi vendor smartphone terbesar kelima di dunia. Sayang, Oppo hanya dikenal luas di pasar negara-negara Asia.

Menurut laporan terbaru media yang mengutip sumber internal Oppo, perusahaan berencana untuk mengurangi promosi lewat jalur endorse artis atau brand ambassador.

2 dari 4 halaman

Geser Strategi Pemasaran

Alih-alih kerja sama dengan artis, Oppo akan menggeser strategi pemasaran dengan menjadi sponsor acara olahraga berskala dunia.

Hal ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan nilai merek Oppo di kalangan konsumen global.

Meski demikian, kerja sama ini tak berarti Oppo akan memutus kontrak dengan sederetan artis yang meng-endorse produknya. Perusahaan kabarnya akan tetap menggunakan brand ambassador dan selebritas untuk sejumlah pasar di Asia.

3 dari 4 halaman

Oppo Reno Gantikan Seri F dan R

Terlepas dari itu, Oppo belum lama ini memboyong Oppo Reno ke Indonesia. Reno merupakan seri smartphone baru di dalam portofolio Oppo. Kehadiran perangkat ini sekaligus akan menggantikan seri R dan F.

Peleburan seri R dan F menjadi Reno ini diungkapkan oleh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

"Seri R dan F akan digantikan oleh Reno. Keduanya dilebur menjadi Reno," tutur Aryo saat ditemui di kawasan Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Dijelaskan Aryo, salah satu alasan peleburan kedua seri tersebut untuk mempermudah konsumen memilih jajaran produknya.

Seperti diketahui, Oppo memiliki beberapa seri smartphone sebelum kehadiran Reno, termasuk R, F, A, Find, dan N.

Seri R memiliki cukup banyak varian, termasuk R15, R15 Pro, R17, dan R17 Pro. Sementara varian smartphone dari seri F di antaranya F7, F7 Youth, dan F9.

Seri R dan F selama ini fokus pada fitur kameranya. Seri R fokus pada fotografi kamera, sedangkan F lebih berpusat pada kamera selfie.

Aryo mengatakan, spesifikasi antara seri R dan F selama ini juga tidak terlalu jauh berbeda.

"Kami sudah bertahun-tahun membicarakan soal selfie, dan karakter kamera R. Sudah terlalu banyak seri yang dijual, sedangkan konsumen kami itu saja. Jadi kalau banyak seri, konsumen bisa bingung," kata Aryo.

(Tin/Jek)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dibanderol Mulai dari Rp 3 Jutaan, Ini Spesifikasi Gahar Realme 3 Pro
Artikel Selanjutnya
Tawarkan Performa Ngebut, Realme 3 Pro Dilepas Mulai dari Rp 3 Jutaan