Sukses

Paques Gelar Ajang Tahunan Bertema Data Lake, Apa Itu?

Data lake dapat menangani skala, ketangkasan, dan fleksibilitas yang diperlukan untuk memadukan berbagai jenis pendekatan data dan analisis.

Liputan6.com, Jakarta - Penyedia solusi data lake dan analitik buatan Indonesia, Paques, baru saja menggelar acara bertajuk The 2019 Smart Data Lake Event di Jakarta.

Acara ini dihadiri sejumlah perusahaan mitra dan konsumen dari berbagai sektor. Ajang tahunan ini mengambil tema Unleashing the Power of Paques Smart Data Lake.

Dalam acara tersebut Paques memaparkan bagaimana membangun dan mengelola data lake dengan cepat dan mudah untuk dianalisis.

Benni Adham, CEO yang juga merupakan Product Creator Paques mengatakan solusi yang ditawarkan perusahaan sangat fleksibel guna memadukan semua jenis pendekatan data dan analisis.

"Data lake yang didukung Paques dapat menangani skala, ketangkasan, dan fleksibilitas yang diperlukan untuk memadukan berbagai jenis pendekatan data dan analisis untuk mendapatkan wawasan yang lebih mendalam," kata Benni dalam keterangannya, Kamis (11/4/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Data Lake

Dalam kesempatan yang sama, Advisor Divisi Inkubasi Bisnis Bursa Efek Indonesia (BEI) Radityo Anindita berbagi pengalamannya dalam menggunakan produk Paques, untuk mendukung program kerja di organisasinya.

“Paques mampu mengolah data transaksi pasar saham secara real-time sehingga BEI dapat mengenali pola transaksi yang janggal. Juga membantu BEI dalam membuka potensi di daerah sehingga kami bisa meningkatkan literasi keuangan masyarakat dengan tepat sasaran," tuturnya.

Lalu, apa itu data lake? Menurut artikel yang dimuat di laman Amazon Web Services, data lake sendiri adalah repositori terpusat yang memungkinkan kamu untuk menyimpan semua data terstruktur dan tidak terstruktur pada skala apa pun.

Kamu dapat menyimpan data apa adanya, tanpa harus terlebih dahulu menyusun data, dan menjalankan berbagai jenis analitik--dari dasbor dan visualisasi hingga pemrosesan data besar, analitik real-time, dan machine learning untuk memandu keputusan yang lebih baik.

(Isk/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.