Sukses

4 Aplikasi Alternatif Jika Tombol Smartphone Kamu Tak Berfungsi

Masalah yang sering terjadi adalah saat tombol fisik smartphone mendadak tak berfungsi. Jika sudah demikian, jangan panik. Kamu masih bisa menggunakan empat aplikasi ini.

Liputan6.com, Jakarta - Saat menggunakan smartphone  Android, hal apa yang sering kalian sentuh selain layar? Ya, jawabannya adalah tombol fisik, entah itu tombol volume, tombol kunci, atau juga tombol home.

Nah, masalah yang sering terjadi adalah saat tombol fisik smartphone mendadak tak berfungsi. Jika sudah demikian, jangan panik. Kamu masih bisa menggunakan empat aplikasi ini.

Namun perlu dicatat kalau ada beberapa aplikasi yang tidak bekerja di smartphone kalian.

Itu bukan karena aplikasinya yang rusak, tetapi persyaratan minimum sistem operasi yang digunakan adalah Android 6.0.1 atau Marshmallow.

Apa saja aplikasi yang bisa digunakan? Simak daftarnya berikut ini seperti dilansir Brilio pada Jumat (5/4/2019).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Screenshot Touch

Kamu bisa menggunakan aplikasi Screenshot Touch besutan Daejeong Kim.

Aplikasi ini sangat berguna bagi kamu yang melakukan screenshot pada kebanyakan smartphone dengan tombol volume minus dan tombol lock untuk melakukannya.

Dengan aplikasi, kita hanya perlu menjalankannya dan menekan satu ikon untuk melakukan screenshot dengan mudah. Tinggal tekan start capture monitoring service, dan smartphone akan bisa melakukan screenshot jika pengguna mengetuk layarnya.

3 dari 5 halaman

2. Volume Control

Saat memperbesar ataupun memperkecil volume, kita sering kali tergantung pada tombol fisiknya. Namun, bagaimana kalau tombol ini rusak? 

Untungnya, aplikasi besutan Missing Semicollon ini mudah digunakan bahkan ukurannya sangat kecil. Jadi, tidak ada salahnya kamu mengunduhnya sebagai alternatif dari tombol volume-mu.

Bahkan, aplikasi ini juga punya beberapa pilihan, seperti mengatur volume alarm, panggilan, atau lainnya.

4 dari 5 halaman

3. Double Tap Screen On and Off

Dengan aplikasi ini, pengguna tidak perlu menekan tombol lock untuk menyalakan ataupun mematikan telepon, tinggal ketuk layar dua atau tiga kali, maka smartphone akan bisa menyala atau mati.

Pengguna juga bisa mengatur banyaknya ketukan yang diperlukan untuk menggunakan aplikasi ini, entah itu dua kali ketuk, tiga kali ketuk, atau bahkan sembilan kali ketuk sesuai keinginan.

 

 

5 dari 5 halaman

4. Assistive Touch

Aplikasi besutan LuuTinh Developer ini berguna bagi smartphone yang tombol Home-nya rusak.

Pasalnya, aplikasi ini akan memudahkan pengguna dalam mengatur menu-menu yang dibutuhkan atau sering kunjungi. Tidak memerlukan tombol Home, pengguna bisa menggunakan ini saja dan mengatur aplikasi apa saja yang ingin dimasukkan.

Reporter: Brilio

Sumber: Brilio.net

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.