Sukses

Pura-Pura Mewah di Instagram, Pria Ini Cuma Modal Aplikasi Edit Foto

Liputan6.com, Jakarta - Berfoto dengan gaya duduk di kursi pesawat jet pribadi, menenteng beberapa kantong pakaian bermerek, dan memamerkan pakaian bermerek yang mahal, kegiatan ini ternyata banyak kita temukan di Instagram.

Seolah tak ingin ketinggalan, seorang remaja London berusia 19 tahun pun mencoba mengunggah foto-foto 'mewah' dia di Instagram. Pria tersebut tak lain adalah vlogger bernama Byron Denton.

Kepada Daily Mail, Denton ingin bereksperimen mengenai mudahnya membuat pesona bak orang kaya dan mendapat respons likes dari banyak orang.

Cuma bermodalkan aplikasi penyuntingan foto, Denton membuat dirinya seolah-olah telah menjadi orang kaya.

Denton sendiri terinspirasi sesama YouTuber, George Mason, yang telah berpura-pura pergi berlibur ke tempat-tempat mewah selama seminggu di awal tahun, dan mengunggah plesirannya ke Instagram.

"Saya melihat banyak orang memalsukan liburan dan barang-barang, tetapi saya pikir akan lebih baik untuk mengambil pendekatan yang berbeda," kata Denton.

Denton melihat adanya celah dari hasrat orang-orang pada sosok yang disukainya.

"Saya selalu bertanya-tanya apakah alasan orang begitu terobsesi dengan selebriti yaitu karena fakta, selebriti mampu menjalani kehidupan yang tidak semua orang bisa," tandasnya.

2 dari 3 halaman

Naik Jet Pribadi

Untuk membuktikan itu, Denton mengunggah foto duduk di kursi sebuah pesawat pribadi.

Denton membubuhkan unggahannya dengan tulisan, 'bersantai di jet pribadi'. Dalam tujuh detik, unggahan itu segera mendapat 1.000 likes.

Selain aktivitas mewah, Denton juga memanipulasi foto lainnya. Dalam foto itu Denton seolah-olah membawa karton belanjaan barang-barang mewah.

“Saya melakukan ini untuk mencoba dan membandingkan apakah memakai item desainer benar-benar akan mendorong orang untuk menyukai foto Anda atau tidak," ucap dia.

Benar saja, foto yang dia edit itu, dia dibagikan, dan mendapatkan 2.234 likes, 44 komentar, dan 113 kunjungan profil. Namun, adegan manipulasi itu, kata dia, belum maksimal.

3 dari 3 halaman

Bawa Barang Mewah

Denton oun mengunggah satu foto saat dia berpakaian mengenakan baju karya desainer ternama.

"Foto ini memancing 12.000 likes, seolah orang lebih suka saya mengenakan baju desainer," ucap dia. 

Bagi mata yang tidak terlatih, foto-foto yang diedit ini terlihat cukup meyakinkan.

Dia mengatakan bahwa cuma mendapat sekitar lima pesan yang mempertanyakan kehidupannya yang baru.

Bahkan anggota keluarga Denton sendiri terkejut dengan pilihan barang mewah dan berkomentar tentang kekayaannya yang tiba-tiba.

"Saya punya banyak pesan dari teman-teman dan bertanya, bagaimana saya membeli baju karya desainer. Banyak komentar dari pengikut saya bertanya apakah saya memenangkan lotre atau sesuatu," tukasnya.

Dalam aksinya, Denton menyebut, menggunakan sejumlah aplikasi edit foto, seperti FaceTune, PicsArt, dan Adobe Photoshop Lightroom untuk sentuhan akhir.

Proses pembuatan foto mewah palsu iini hanya butuh waktu yang sangat singkat, yakni sekitar 45 menit.

Reporter: Dream

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Instagram Uji Fitur Fast Forward untuk Video
Artikel Selanjutnya
Menkominfo: Hoaks Terbanyak Terjadi di Facebook dan Instagram