Sukses

Cara Menggabungkan Video di HP dengan Cepat dan Mudah, Cocok untuk Vlogger Pemula

Liputan6.com, Jakarta Saat ini teknologi tengah berkembang pesat. Perkembangan di bidang digital ini pun membawa perubahan pada aktivitas orang-orang. Sebagai bukti kini banyak anak muda yang menyukai konten berbentuk video dan menjadi seorang youtuber atau vlogger.

Banyak youtuber dan vlogger yang tengah naik daun karena memanfaatkan minat anak muda yang tinggi terhadap konten video di media sosial.

Para youtuber dan vlogger tentu tak lepas dari kegiatan membuat video. Rekaman-rekaman yang mereka buat disusun sedemikian rupa sehingga memiliki alur dan cerita yang disampaikan. Tak jarang mereka membutuhkan beberapa waktu untuk mengumpulkan semua potongan-potongan video.

Sayangnya, bagi youtuber dan vlogger pemula kegiatan menggabungkan potongan video ini dirasa sulit. Padahal, sebenarnya ada cara menggabungkan video dengan mudah yang cocok untuk diaplikasikan oleh youtuber dan vlogger pemula. Penasaran seperti apa cara menggabungkan video?

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2019) cara menggabungkan video yang bisa kamu ikuti dengan mudah.

2 dari 4 halaman

Cara menggabungkan video dengan cepat dan mudah

Salah satu cara menggabungkan video dengan cepat bagi kamu pengguna android, caranya cukup mudah. Berikut cara menggabungkan video di hp android dengan mudah.

1. Buka aplikasi Videoshow pada hp androidmu. Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store.

2. Kemudian pilih opsi edit video.

3. Lalu akan terlihat menu untuk memilih video. Ada opsi yang bertuliskan semua/all, lalu klik.

4. Sekarang kamu tandai video mana saja yang akan kamu gabungkan menjadi video yang utuh.

5. Setelah memilih video yang akan digabungkan, lalu klik mulai/start.

6. Lalu tunggu hingga video tergabung semua. Setelah itu klik tanda merah yang bisa kamu lihat di atas sebelah kiri.

7. Pilih simpan di galeri.

8. Lalu penggabungan video akan berlangsung. Kamu tunggu hingga selesai penggabungan video.

9. Selesai.

3 dari 4 halaman

Cara menggabungkan video di HP menggunakan DU recorder

Selain cara diatas, kamu juga bisa menggunakan DU recorder untuk menggabungkan video di hp androidmu. Cara menggabungkan video dengan menggunakan DU recorder langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi DU recorder lalu klik logo ‘obeng dan tang’ pada pilihan menu dibagian atas layar.

2. Kemudian akan muncul pilihan edit video. Klik fitur ‘gabungkan video’.

3. Pada layar akan muncul video-video yang ingin kamu gabungkan. Video yang terpilih akan memiliki tanda centang.

4. Setelah menandai video yang ingin digabung, klik ‘gabung’ pada kanan atas layar.

5. Jika video yang kamu pilih memiliki resolusi yang berbeda, maka akan muncul kotak dialog yang berisi informasi. Klik ‘konfirmasi’ untuk melanjutkan.

6. Setelah kamu klik, maka DU recorder akan memroses semua video pilihanmu menjadi satu video yang utuh. Pada layar akan tertera berapa persen video yang sedang terproses. Waktu yang kamu tunggu untuk menggabungkan video, sesuai dengan kapasitas video yang kamu pilih. Semakin banyak atau semakin berat kapasitasnya, kamu perlu menunggu lebih lama.

7. Setelah proses mencapai 100 persen, maka kamu sudah bisa melihat hasilnya. Kamu juga bisa langsung membaginya ke media sosial yagn tertera di layar.

8. Selesai.

4 dari 4 halaman

Cara menggabungkan video di HP menggunakan aplikasi WeVideo

Ada aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk menggabung video di hp. Cara menggabungkan video ini menggunakan aplikasi WeVideo yang bisa kamu download di Google Play Store. WeVideo merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk mengedit video dengan mudah bahkan bagi orang awam sekalipun.

Langkah-langkahnya bisa kamu simak sebagai berikut:

1. Download aplikasi WeVideo di Google Play Store.

2. Lalu buka aplikasi WeVideo dan klik tombol hijau pada bagian kanan bawah. Tombol hijau ini adalah tombol untuk kamu membuat file video baru.

3. Lalu kan muncul sebuah kerangka video yang akan kamu buat. Kamu klik tombol berwarna biru pada sisi bawah kanan.

4. Lalu kan muncul pilihan media yang akan kamu edit. Pilih galeri.

5. Lalu tampilan layar akan menunjukkan kumpulan video dan foto yang ada pada galerimu. Pilih beberapa video yang ingin kamu gabungkan. Video yang terpilih akan menunjukkan tanda centang. Lalu klik centang hijau pada sisi kanan bawah.

6. Setelah itu kamu kan dibawa kembali ke kerangka video tadi. Disinilah halaman edit video. Beri nama judul videomu.

7. Judul video bisa kamu edit bentuk font, warna, ukuran dan lain-lain. Setelah itu klik tombol centang pada kiri atas.

8. Kemudian pilih tombol 'create' untuk menggabungkan semua video yang telah kamu pilih tadi. Kamu juga bisa melihat durasi keseluruhan video.

9. Sebenarnya WeVideo dalah aplikasi berbayar. Jika muncul kotak dialog yang berisipenawaran, kamu bisa memilih tombol ‘Upgrade Now’ untuk menggunakan aplikasi ini tanpa ada watermark dan berbayar. Jika kamu ingin menggunakan secara gratis, klik pilihan ‘Save with Watermark’ untuk melanjutkan proses penggabungan video.

10. Lalu kamu tinggal menunggu proses penggabungan videonya. Semakin banyak video, maka semakin lama prosesnya.

11. Setelah selesai, video akan langsung tersimpan di galeri.

12. Selesai.

Nah, itu tadi cara menggabungkan video di hp yang mudah dan cocok untuk dipraktikkan oleh YouTuber atau Vlogger pemula. Selamat mencoba.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mengedit Video di Laptop yang Mudah, Cocok Buat Pemula
Artikel Selanjutnya
6 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Kamu Pengguna HP Android, Mudah Digunakan