Sukses

Masuk Babak Final, 16 Tim Siap Bertarung di Piala Presiden Esports 2019

Setelah melalui proses kualifikasi regional dan nasional yang panjang, 16 tim esports akhirnya terpilih dan siap bertarung di babak final Piala Presiden Esports 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melalui proses kualifikasi regional dan nasional yang panjang, 16 tim esports akhirnya terpilih dan siap bertarung di babak final Piala Presiden Esports 2019.

Mulai resmi dipertandingkan sejak 29 Januari 2019, ada sebanyak 3.572 tim esports telah mendaftar untuk mengikuti turnamen, dan terbagi dari 2.589 tim yang terdaftar di 8 kota.

Adapun kota-kota tersebut, yaitu Palembang, Bali, Makassar, Surabaya, Manado, Solo, Pontianak dan Bekasi.

Dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (12/3/2019), Giring Ganesha, selaku Ketua Organizing Committee Piala Presiden Esports 2019 sekaligus Presiden of IESPL, mengatakan, ajang ini bisa bergulir karena permintaan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

"Saya cerita sedikit, ini bisa tercipta karena permintaan Presiden Jokowi. Beliau melalui ajudannya, waktu itu, tahun 2017, menelepon Triawan Munaf (Kepala Badan Ekonomi Kreatif) meminta dibuatkan Piala Presiden Esports," kata vokalis band Nidji itu.

Menariknya, pertandingan babak kualiflkasi nasional akan disiarkan secara langsung pada Jumat tanggal 15 dan 22 Maret 2019, pukul 14.00 hingga 16.00 di salah satu stasiun televisi lokal.

Tak hanya itu, turnamen esports yang sedang menjamur di kalangan masyarakat itu juga bisa disaksikan langsung di Istora Senayan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bootcamp di Kantor Staf Presiden

Mobile Legends dikonfirmasi jadi salah satu judul gim esports yang dipertandingkan di SEA Games 2019. Liputan6.com/ Jeko Iqbal Reza

Sebelum pertandingan final, 16 tim esports yang bakal bertanding di babak final akan mengikuti bootcamp. Adapun bootcamp itu akan diselenggarakan di Kantor Staf Presiden pada tanggal 27 hingga 28 Maret 2019.

"Kami mendukung adanya bootcamp untuk para atlet Piala Presiden Esports 2019 karena kami memandang talenta saja tidak cukup Untuk seseorang menjadi atlet yang berprestasi," kata Abraham Wirotomo, Tenaga Ahli Madya Kedeputian II Kantor Staf Presiden.

"Ada 3 hal lainnya. Pertama, harus ada jiwa nasionalisme, motivasi membela tanah air dan mengharumkan nama bangsa jelas akan memberikan energi ekstra," tambahnya.

Kedua, kata Abraham, pemahaman pola hidup sehat dan gizi. Kemampuan otak harus didukung badan yang sehat. Para atlet harus sadar pentingnya menjaga kebugaran seluruh tubuh agar stamina dan konsentrasi juga bisa terjaga dengan baik.

"Dan ketiga, kemampuan mengelola finansial. Gaji atlet esports boleh dibilang cukup fantastis. Usia 20-an sudah punya pendapatan puluhan hingga ratusan juta per bulan. Mereka harus pandai mengelola keuangan mereka agar tidak boros untuk hal-hal yang tidak berguna. Syukur bisa diinvestasi sebagai jaminan masa depan," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

8 Tim Pemenangan Kualifikasi Regional

Turnamen Piala Presiden Esports 2019

Lebih lanjut, rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan di bootcamp antara lain Pembinaan Ideologi Pancasila, Sportivitas dan Dedikasi Kepada Bangsa oleh Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir.

Sementara itu, Team Building Esports dan Bisnis Esports oleh Hartman Harris & Delwyn; Personal Development oleh Laksmiari Saraswati Widodo; Public Speaking oleh Kemal dan Healthy Lifestyle oleh Andi Kurniawan, Sp. KO.

Berikut ini adalah daftar 8 tim esports yang lolos kualifikasi regional final Piala Presiden Esports 2019:

1. Professional Esports (Palembang)

2. ROC Esports (Bali)

3. Revo (Surabaya)

4. Starlest (Makassar)

5. Star 8 (Manado)

6. Nazone Gaming (Solo)

7. Cupu (Pontianak)

8. Humble (Bekasi)

(Cakrayuri Nuralam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.