Sukses

XL Klaim Kenaikan Pendapatan di Sepanjang 2018

Pertumbuhan XL ini terutama didorong oleh pendapatan dari layanan data yang meningkat 13 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata (AX) menutup 2018 dengan pencapaian kinerja positif, melampaui pencapaian secara rata-rata industri telekomunikasi Indonesia.

XL mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 0,4 persen lebih tinggi dari pencapaian tahun lalu.

Pertumbuhan XL ini terutama didorong oleh pendapatan dari layanan data yang meningkat 13 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (YoY).

Peningkatan tersebut memperbesar kontribusi pendapatan layanan data pada total pendapatan perusahaan menjadi 80 persen per akhir 2018, meningkat dari 69 persen di tahun sebelumnya.

CEO & Presiden Direktur XL, Dian Siswarini mengatakan, 2018 merupakan periode yang berat bagi industri telekomunikasi Indonesia, seperti penerapan registrasi kartu SIM prabayar dan persaingan harga yang ketat.

"Namun, XL berhasil mengungguli para kompetitor dan memperkuat posisi sebagai operator nomor 2 di Indonesia. Hasil ini tidak terlepas dari konsistensi kami dalam menerapkan strategi menempatkan layanan data sebagai fokus utama pengembangan bisnis," jelasnya seperti dilansir Merdeka pada Jumat (15/2/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Monetisasi dengan Hasil Signifikan

Dian menambahkan, di semester kedua, monetisasi layanan data yang XL lakukan menunjukkan hasil yang signifikan di tengah persaingan yang sangat ketat.

Karena itu, akan terus melanjutkan monetisasi data lebih lanjut dengan asumsi kondisi industri tetap kondusif untuk melakukannya.

Selanjutnya, Dian menyebutkan bahwa peningkatan pendapatan dari data yang sangat pesat tersebut tidak hanya lebih tinggi dari perolehan industri, tetapi juga mampu menutup dampak negatif dari penurunan pendapatan layanan tradisional SMS dan voice.

"Pencapaian ini juga merupakan prestasi tersendiri karena operator lain merasakan dampak yang lebih berat dari penurunan kinerja kedua layanan warisan masa lalu tersebut," ungkap Dian.

3 dari 3 halaman

Rekor NPS yang Tinggi

Kinerja positif ini juga sebagai hasil dari implementasi yang konsisten atas strategi dual-brand XL yang beriringan dengan ekspansi jaringan data berkualitas.

Pada dual-brand, 2018 adalah periode yang sangat baik bagi merek XL dan AXIS di mana keduanya mencapai rekor net promoter score (NPS) yang tinggi karena mampu menancap sangat kuat dalam segmen pasar masing-masing dengan produk-produk data yang mendapatkan sambutan sangat baik.

"Pertumbuhan yang kuat juga diraih layanan pascabayar XL Prioritas di sepanjang 2018 melalui penawaran produk bundling smartphone yang mampu menarik pelanggan di segmennya," terangnya.

Reporter: Fauzan Jamaludin

Sumber: Merdeka.com

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.