Sukses

Cara Mengedit Video Pakai Aplikasi di Play Store, Mudah dan Gratis

Liputan6.com, Jakarta Mengabadikan momen khusus wajar dilakukan semua orang. Dengan dukungan teknologi, seseorang dapat menyimpan memori kejadian yang berkesan dalam bentuk foto maupun video. Apalagi bagi generasi milenial yang penuh ide dan selalu menciptakan tren yang rasanya sayang untuk dilewatkan. 

Misalnya, dengan adanya inovasi media sosial seperti Instagram, foto atau video yang diabadikan akan sayang jika hanya untuk dikoleksi pribadi. Oleh karena itu, tak heran jika generasi milenial kini gemar membagikan foto atau video sebagai konsumsi publik.

Nah, oleh karena itu, untuk menciptakan video yang mengagumkan, kamu dapat mengedit video dan menuangkan idemu menggunakan aplikasi gratis yang ada di Play Store. Dijamin akan membuat teman-temanmu melongo.

Tapi, biasanya tak sedikit yang bingung tentang cara mengedit video menggunakan aplikasi-aplikasi yang tersedia karena belum pernah mencobanya. Kali ini Selasa (29/1/2019) Liputan6.com sajikan beberapa cara mengedit video gratis yang dapat kamu lakukan di hp Androidmu.

2 dari 5 halaman

VivaVideo – Video Editor & Photo Movie

VivaVideo merupakan aplikasi editor video yang dapat digunakan pengguna smartphone Android maupun IOS. Aplikasi ini dapat kamu unduh di Playstore. VivaVideo dilengkapi dengan fitur canggih karena terdapat beragam fitur seperti adjustable speed atau mengatur cepat lambatnya video.

Selain itu ada filter diverse music yang menyediakan berbagai jenis musik untuk dijadikan background videomu. Tak hanya itu saja, VivaVideo yang digunakan di smartphone dapat berfungsi layaknya editor video di komputer dan PC.

Cara mengedit video menggunakan VivaVideo sangat mudah karena kamu dapat mengotak-atik tiap fitur sesuka hati.

Misalnya kamu ingin membuat efek fast motion untuk videomu. Langkah cara mengedit video pertama, pilih video yang ingin kamu edit. Kemudian, atur speed video sesuai keinginanmu. Jika ingin menyimpan video yang sudah diedit, kamu cukup menekan tanda checklist di bagian pojok kanan di bagian atas.

3 dari 5 halaman

Quik – Free Video Editor

Namanya saja Quik, dijamin cepat edit video dan tidak pakai ribet. Tagline aplikasi ini adalah untuk membuat video keren dengan hanya beberapa kali ketuk. Cara mengedit video menggunakan Quik adalah dengan pilih klip video yang diinginkan, lalu Quik akan memberikan sentuhan ajaib. Dalam hitungan detik, aplikasi ini akan menambahkan transisi dan efek cantik.

Quik juga mendukung kamu yang memiliki GoPro karena kamu bisa mengedit video dari GoPromu. Aplikasi yang dapat ditemukan di playstore ini sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna serta bisa menambahkan teks, musik dan masih banyak lagi fitur lainnya. Wajib dicoba!

4 dari 5 halaman

Splice – Video Editor + Movie Maker

Splice adalah aplikasi editing video simple dan menarik yang dibuat oleh GoPro. Pengunduh aplikasi ini di App Store sudah mencapai 25 juta orang, lho. Dengan Splice, videomu akan tampak professional saat dibagikan ke sosial media.

Nggak perlu bingung dengan editing video dengan Splice, karena cara mengedit video dengan Splice sangat mudah saat digunakan dan hasilnya pasti ciamik. Fitur yang ada di Splice sudah lengkap sesuai yang biasa dibutuhkan untuk editing video seperti trim, crop, judul, transision, animasi, music, dan masih banyak lagi.

Keunggulan lainnya tidak ada watermark atau batasan durasi video. Cara menggunakannya mudah, tinggal pilih video di galeri, kemudian kamu bisa pilih music, mengatur kecepatan video, memberi efek dan bahkan kamu bisa tambahkan judul di dalam video kamu.

5 dari 5 halaman

Adobe Premiere Clip

Raksasa perangkat lunak Adobe telah meluncurkan aplikasi edit video pertamanya untuk Android. Sebelumnya, aplikasi ini pertama kali diperkenalkan untuk iOS terlebih dahulu. Adobe Premiere Clip merupakan versi 'downgrade' dari edit video Adobe lainnya yang sudah ada.

Aplikasi ini dapat secara otomatis membuat video dari kumpulan foto atau video yang sudah ada. Cara mengedit video dengan Adobe Premiere Clip juga lebih mudah ketimbang versinya yang khusus untuk komputer atau PC.

Kamu bisa menambahkan musik untuk 'soundtrack', dilengkapi berbagai fitur edit pencahayaan dan tampilan warna, serta kemampuan untuk mengekspor file video ke Premiere Pro CC.

Adapun aplikasi berukuran 45MB ini dapat dipasang pada smartphone yang menjalankan Android versi 4.4 atau lebih tinggi.

Loading