Sukses

Smartphone Huawei Otomatis Hapus Gambar yang Diunduh dari Twitter

Vendor smartphone yang baru merilis Mate 20, mulai menghapus semua gambar yang diunduh dari aplikasi Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Huawei kini adalah salah satu perusahaan teknologi yang menjadi korban akibat perang dagang antara Amerika Serikat dengan Tiongkok.

Selain mendapatkan penolakan dan masalah di beberapa negara, keputusan terbaru Huawei malah menuai kritik dari penggunanya di negeri sendiri.

Huawei sebelumnya menyebutkan, pihaknya akan memblokir launcher pihak ketiga dari EMUI 9, antarmuka terbaru milik Huawei.

Kali ini, vendor smartphone yang baru merilis Mate 20, mulai menghapus semua gambar yang diunduh dari aplikasi Twitter.

Kendati demikian, hal ini baru berlaku di negara asalnya, yakni Tiongkok, demikian dikutip dari Gizmochina, Kamis (24/1/2019). Para pelanggan pun mulai mengeluhkan hal ini di forum online.

Seorang pengguna Reddit mengkonfirmasi, dirinya menghadapi masalah serupa.

Si pengguna ini menyebut, perangkat Honor Note 10 (Honor adalah sub brand Huawei dan sama-sama menggunakan antarmuka EMUI), mendapatkan pembaruan sebesar 3,5MB.

Dari pembaruan tersebut, kini semua gambar yang diunduh dari aplikasi Twitter secara otomatis dihapus oleh sistem Huawei.

Kendati demikian, masalah ini tidak terjadi pada perangkat Huawei yang dijual di negara lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Huawei Buatan Negara Lain Tak Terdampak

Menurut sumber ini, smartphone Huawei P20 Pro yang bukan dibeli di Tiongkok tidak mengalami masalah serupa.

Perlu diketahui, gambar yang diunduh melalui aplikasi seluler Twitter bakal otomatis dihapus. Namun, gambar yang diunduh dari Twitter yang diakses lewat web masih tetap tersimpan.

Sejauh ini, baru smartphone Huawei yang secara otomatis menghapus gambar yang diunduh dari Twitter.

Belum ada laporan dari pengguna smartphone lain terkait dihapusnya unduhan gambar dari aplikasi Twitter ini.

3 dari 3 halaman

Pakai VPN

Belum ada pernyataan dari Twitter tentang hal ini. Namun, memang sudah jamak diketahui bahwa aplikasi medsos dari AS tak bisa dipakai di Tiongkok, misalnya Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, dan Google diblokir di negara tersebut.

Orang-orang pun memakai VPN untuk mengakses platform yang diblokir itu di Tiongkok. Meski demikian, faktanya Tiongkok juga memblokir sejumlah aplikasi VPN.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.