Sukses

Huawei Y7 Pro 2019 dan Realme 2, Mana Lebih Kece?

Huawei Y7 Pro 2019 yang akan resmi meluncur pada 25 Januari 2019 kerap dibandingkan dengan Realme 2. Mana yang lebih keren?

Liputan6.com, Jakarta Ada kabar gembira nih buat para penggemar Huawei. Merek smartphone asal China ini akan meluncurkan seri terbarunya, Huawei Y7 Pro 2019, dalam waktu dekat.

Huawei Y7 Pro 2019 akan dipasarkan di Indonesia mulai 25 Januari 2019. Menyasar pasar generasi milenial alias anak muda, smartphone ini akan dibanderol seharga Rp 1.999.000.

Sebagai pendatang baru di pasaran smartphone Tanah Air, Huawei Y7 Pro pun kerap dibandingkan dengan pesaing di kelasnya yang sudah lebih dulu ada, Realme 2. Harga keduanya pun sama.

Kira-kira lebih keren mana ya antara Huawei Y7 Pro dan Realme 2? Coba kita bahas masing-masing spesifikasinya, yuk!

Desain dan layar

Pertama-tama, mari kita bahas dari segi fisik alias desain dan layar terlebih dahulu. Realme 2 hadir dengan layar 6,2 inci dengan aspek rasio 19:9. Resolusi layarnya sendiri 1520x720 piksel.

Menariknya, layarnya dapat dikustomisasi secara responsif untuk aplikasi messaging. Dengan begitu, Anda dapat chatting sambil tetap bermain gim atau menonton video.

Mengusung konsep kekinian, Realme 2 memiliki notch kecil di atas layarnya dan bodi dengan desain cutting diamond. Material bodinya terbuat dari komposit nano dengan permukaan 2,5 dimensi lengkap dengan pelindung Cornilla Glass. Menjadikannya terkesan classy dan stylish. Warnanya ada Diamond Black, Diamond Red, dan Diamond Blue.

Dari segi layar, Huawei Y7 Pro 2019 memiliki ukuran yang tak terlalu berbeda dengan Realme 2. Ukuran layarnya 6,26 inch dengan aspek rasio 19:5,9. Resolusi layarnya juga sama-sama 1520x720 piksel.

Mengusung tagline "Big screen and display", bentang layar Huawei Y7 memang sedikit lebih besar dari Realme 2. Dijamin, pengguna akan merasa lebih nyaman dan puas saat menonton video atau bermain gim.

Perbedaannya, Huawei Y7 Pro 2019 tidak memiliki notch atau poni di bagian atas layarnya. Hanya terdapat kamera Dewdrop di bagian atas. Cocok untuk Anda yang suka desain simpel dan tak menginginkan terlalu banyak aspek tambahan pada smartphone.

Dalam hal desain bodi belakangnya, Huawei Y7 Pro 2019 juga memiliki tampilan yang lebih simpel. Di bagian belakang, dual camera-nya terletak berjejer ke bawah. Menjadikannya tampak modern dan kekinian. Smartphone ini tersedia dalam warna Midnight Black dan Aurora Blue.

Fitur lainnya, di bagian kanan terdapat tombol volume di sebelah atas dan tombol power di bawahnya. Letaknya yang cukup berjarak dapat membantu pengguna dapat mengoperasikannya dengan tepat tanpa harus melihat. Sementara itu, di sebelah kiri hanya terdapat slot sim card untuk hybrid dual sim.

Di bagian bawah, terdapat mini USB port yang terletak di antara speaker grill. Audio jack-nya sendiri berada di bagian atas kiri.

Performa

Realme 2 didukung dengan prosesor Octa Core dan chipset Qualcomm Snapdragon 450 berukuran 14nm dengan clock speed hingga 1.8 GHz. Dukungan prosesor ini memungkinkan pengguna bermain gim dengan nyaman tanpa lag. Pengoperasian dua aplikasi sekaligus atau multitasking pun dapat berjalan dengan lancar.

Keutamaan smartphone tersebut terletak di kapasitas memorinya yang cukup besar. Kapasitas RAMnya tersedia dalam ukuran 2 GB dan 4 GB, sedangkan memori internalnya ada yang 32 GB dan 64 GB. Anda bisa memilih salah satu dari kedua kapasitas memori yang tersedia sesuai kebutuhan.

Huawei Y7 Pro 2019 juga dibekali dengan prosesor Octa Core dan chipset Qualcomm Snapdragon 450 berukuran 14nm dengan clock speed hingga 1.8 GHz. Chipset Qualcomm Snapdragon 450 14nm ini juga berfungsi menyajikan performa multi-core yang baik dengan penggunaan baterai efisien.

Keunggulan Huawei Y7 Pro 2019 memang terletak di baterainya yang cukup awet. Bagaimana tidak, kapasitas baterainya mencapai 4000 mAh. Memungkinkannya untuk bertahan hingga dua hari meski digunakan secara intensif. Asyik banget, kan?

Kapasitas memorinya juga tak kalah besar. Huawei Y7 Pro 2019 memiliki kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 32 GB. Asyiknya, tersedia slot untuk microSD yang dapat diisi dengan memori hingga 512 GB. Sementara itu, kapasitas ekspansi memori eksternal Realme 2 hanya tersedia hingga 256 GB.

Di Huawei Y7 Pro 2019, Anda bisa menyimpan beragam aplikasi, serta ribuan foto dan video tanpa perlu khawatir memori habis dan ponsel lemot.

Kamera

Di bagian notch Realme 2, terdapat kamera depan beresolusi 8 MP yang mampu merekam video dengan resolusi full HD 30fps. Kamera depannya juga dilengkapi dengan fitur Beautify 2.0 untuk menunjang selfie cantik dan tampanmu.

Realme 2 memiliki dua kamera di bagian belakang dengan resolusi masing-masing 13 MP dan 2 MP. Sama seperti kamera depannya, kedua kamera ini dapat merekam video dengan resolusi full HD 30fps.

Kedua kameranya dilengkapi dengan fitur Sticker dan Panorama. Menjadikan pengalaman fotografi Anda akan makin berkesan.

Huawei Y7 Pro memiliki kamera yang lebih unggul. Kamera depannya beresolusi 8 MP dan dilengkapi dengan fitur HDR. Keunggulan terletak pada bukaan lensa alias aperture yang besar, yaitu f/2.0, sehingga mampu memaksimalkan foto dalam kondisi minim cahaya.

Uniknya, kamera depan smartphone tersebut memiliki menu pengaturan selfie sempurna. Untuk menghasilkan foto ciamik tersebut, pertama-tama Anda akan diminta untuk memotret wajah bagian depan, sisi samping, dan menghadap ke bawah. Setelah seluruh aspek wajah terekam, Anda pun bisa menghasilkan foto selfie cantik sempurna.

Ada pula fitur untuk membantu selfie lebih mudah dengan gestur tangan dan senyuman atau Smile Detection. Cukup ayunkan tangan atau tersenyum manis, selfie cantikmu pun langsung tertangkap.

Belum lagi fitur Beautify-nya yang bisa disesuaikan hingga level 10. Semakin tinggi level yang Anda pilih, akan kian tampak mulus dan cerah menawan pula wajahmu.

Di bagian belakangnya, terdapat dual camera beresolusi 13 MP + 2 MP . Satu lensa yang beresolusi 13 MP memiliki aperture f/1,8 dan fitur Phase Detection Auto Focus (PDAF). Fitur ini memungkinkan Anda untuk menangkap fokus gambar dengan cepat meski sedang bergerak.

Aperture f/1.8 sendiri adalah bukaan lensa yang biasa ditemui di smartphone kelas flagship, seperti Huawei P20 Pro dan Mate 20 Series. Bukaan lensa yang besar akan memaksimalkan foto dalam kondisi minim cahaya. Sistem auto-focus akan tetap berjalan dengan lancar meski dalam keadaan gelap. Tak hanya itu, aperture besar juga akan membuat kamera mampu menghasilkan foto potrait yang sangat baik dengan bokeh sempurna.

Sementara itu, satu lensa lagi berfungsi untuk menangkap gambar depth. Dengan fitur bukaan hingga 16, pengguna dapat memotret foto bokeh laiknya kamera profesional. Ditambah dengan fitur Artificial Intelligence (AI), foto yang Anda hasilkan akan kian ciamik.

Kedua kamera depan dan belakangnya juga dilengkapi dengan kemampuan mendeteksi senyum atau Smile Detection, sehingga mampu memotret otomatis saat obyek foto tersenyum. Keduanya juga mampu merekam video dengan full HD 1080 30fps.

Kesimpulan

Huawei Y7 Pro 2019 dan Realme 2 memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun. untuk di rentang harganya dan kategori smartphone yang tergolong baru, Huawei Y7 Pro 2019 adalah pilihan yang lebih baik, sebab dengan rentang harga yang relatif mirip, keunggulan yang ditawarkan oleh Y7 Pro 2019 lebih banyak dibandingkan dengan Realme 2. Seperti layar yang lebih besar, baterai yang awet lebih lama dan juga kamera yang lebih baik.

Tetapi semua akan tergantung pada kebutuhan Anda. Mana yang menurut Anda lebih kece dan akan Anda pilih?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini