Sukses

Powerbank Meledak di Pesawat Bikin Penumpang Panik

Sebuah powerbank dikabarkan meledak di pesawat Royal Brunei Airlines baru-baru ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah powerbank dikabarkan meledak di pesawat Royal Brunei Airlines baru-baru ini. Untungnya dari kejadian itu, tidak ada satu pun penumpang dan kru yang terluka.

Sekadar informasi, mulanya kejadian ini viral gara-gara seorang pengguna Facebook mengunggah video dan foto insiden meledaknya [powerbank]  (3324939 "") di pesawat.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Strait Times, Selasa (8/1/2018), video dan gambar yang beredar memperlihatkan kabin pesawat yang berasap.

Para penumpang pun tampak panik, berdiri tak beraturan di lorong kabin, sambil menutupi mulutnya.

Para pramugari pun kelihatannya mencoba memadamkan api kecil akibat kejadian tersebut.

Dalam pernyataannya, pihak maskapai menyebut, kejadian viral itu terjadi gara-gara meledaknya sebuah powerbank.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Unggahan Viral di Facebook

Dalam unggahan di Facebook-nya, pengguna dengan akun Francis Ngu Hown Hua memuji awak kabin atas profesionalitasnya dalam menangani kejadian yang bikin panik penumpang itu.

Penerbangan dengan nomor BI636 itu dikabarkan terbang dari Hong Kong ke Bandar Seri Begawan. Meski terjadi hal yang tak diinginkan, pesawat berhasil mendarat dengan mulus, Kamis 3 Januari 2019.

"Awak kabin kami dilatih untuk mengikuti standar operasi prosedur untuk menangani insiden semacam ini secara profesional. Mereka juga memastikan keamanan para penumpang kami tiap saat. Kami membawa alat-alat pengamanan, setiap penerbangan," demikian bunyi pernyataan perusahaan.

Maskapai juga tidak lupa menerbitkan pengingat agar penumpang mematuhi Panduan Barang Berbahaya saat check in atau membawa barang bawaan sesuai dengan peraturan penerbangan internasional.

3 dari 3 halaman

Dimana Membawa Powerbank?

Sekadar diketahui, penumpang diperkenankan membawa powerbank di pesawat terbang. Kendati demikian, powerbank harus dibawa di kabin, bukan di bagasi.

Penumpang juga dilarang mengisi daya perangkat dengan menghubungkannya ke powerbank selama penerbangan.

Sayangnya dalam kasus ini, tidak diketahui apakah insiden ini terjadi gara-gara pengguna mengisi dayanya dengan powerbank yang dimaksud.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.