Sukses

Sulit Dipercaya, 3 Benda Ini Bisa Dibuat dari Kayu

Siapa yang menyangka, seseorang mampu membuat versi kayu dari barang-barang yang pada umumnya tidak memiliki komponen kayu sekalipun.

Liputan6.com, Jakarta - Entah itu kursi yang diduduki, meja tempat makan, atau rak meletakkan barang-barang, kayu sering kali digunakan untuk membuat beragam benda di sekitar kita.

Namun, ada juga beragam objek atau benda buatan manusia yang tidak mengandung kayu--setidaknya, tidak biasa.

Nyatanya, ada sejumlah orang yang memiliki keterampilan untuk membuat versi kayu dari barang-barang yang pada umumnya tidak memiliki komponen kayu sekalipun.

Alhasil, karya-karya tersebut menghasilkan bentuk yang menarik dan tentunya sedikit aneh.

Dirangkum dari laman Listverse, Rabu (2/1/2019), berikut adalah tiga benda yang paling tidak mungkin dibuat dari kayu.

1. Komputer

Komputer rumahan yang terbuat dari kayu. (Doc: Onelargeprawn)

Komputer yang terbuat dari kayu terdengar seperti lelucon belaka, tetapi objek tersebut memang ada dalam kenyataan.

Dibuat oleh seorang seniman dari Belanda bernama Marlies Romberg, ia menyatakan konsep di balik komputer kayu iyu adalah perpaduan atara dunia digital dan dunia nyata.

Tampil lengkap dengan monitor, mouse, dan keyboard yang terbuat dari kayu, Romberg menyertakan sebuah USB drive yang dapat digunakan dengan komputer sebagai bagian dari proyek yang sama.

Uniknya, ini bukan pertama kali seseorang membuat komputer dari kayu. Pada 2007--dua tahun sebelum Romberg, pengrajin di Moskow sudah lebih dulu memproduksi monitor PC kayu, keyboard, dan mouse.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Sebuah Skuter

Skuter Vespa dibuat dari kayu. (Doc: Carlos Alberto)

Memiliki sejarah panjang di berbagai negara di dunia, dan tampil dengan desain yang beragam sejak diluncurkan pertama kali 70 tahun lalu, banyak yang tidak menduga untuk membuat sebuah skuter dari kayu.

Pada Oktober 2007, Carlos Alberto, seorang tukang kayu dari Portugal melakukan hal yang tidak terpikirkan oleh banyak orang, yakni membuat skuter dari kayu.

Diberi nama "Daniela", Vespa tersebut butuh waktu 10 bulan untuk diselesaikannya.

Dalam pengerjaan, Alberto menggunakan sepuluh jenis kayu dan menghabiskan uang sebesar 2,800 EUR atau sekira Rp 46 juta dengan kurs saat ini.

3 dari 3 halaman

3. Pesawat Terbang

Pesawat tempur yang terbuat dari kayu DH.98 Mosquito. (Doc: Canadian Forces)

Pesawat terbang terbuat dari kayu, tidak mungkin. Sebagian besar dari kamu pasti bereaksi seperti itu. Namun pada Perang Dunia II, pesawat dengan bahan kayu sempat dibuat.

Ide pembuatan pesawat yang diberi nama DH.98 Mosquito itu datang dari perusahaan bernama de Havilland Aircraft Company.

Kala itu, Geoffrey de Havilland memiliki ide untuk membuat pesawat pengebom yang lebih cepat dari semua pesawat lain di udara.

Untuk mewujudkannya, ia membuat pesawat tersebut dari kayu ringan dan tidak memiliki senapan mesin yang dibangun di dalamnya.

Pesawat yang mendapatkan julukan "The Wooden Wonder" itu baru siap diproduksi hingga akhir 1940, dan dengan cepat menjadi pesawat pilihan untuk berbagai tugas, termasuk serangan bom, transportasi militer, dan pekerjaan fotografi jarak jauh.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.