Sukses

Hacker Curi Data Pribadi Karyawan NASA

Hacker memperoleh akses ke server yang berisi informasi pribadi (termasuk nomor jaminan sosial) dari karyawan NASA.

Liputan6.com, Jakarta - Chief Human Officer NASA Bob Gibbs mengungkapkan bahwa perusahaan mengalami pelanggaran keamanan beberapa bulan yang lalu. Masalah ini terkuak dalam memo internal yang diperoleh laman Spaceref.

Peneliti menemukan pelanggaran pada 23 Oktober, di mana penyusup (hacker) memperoleh akses ke server yang berisi informasi pribadi (termasuk nomor jaminan sosial) dari karyawan NASA saat ini dan sebelumnya.

Masih belum jelas apakah data itu sendiri hilang atau tidak, dan Badan Antariksa Amerika Serikat itu masih belum tahu sepenuhnya tentang pelanggaran keamanan tersebut.

Akan tetapi, Gibbs menulis bahwa "NASA tidak percaya bahwa semua data rahasianya terancam oleh insiden siber ini." Demikian seperti dikutip dari Engadget, Rabu (19/12/2018).

NASA hingga saat ini masih mencari tahu sejauh mana pencurian data yang dilakukan penyusup dan belum tahu siapa pelakunya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Kali Pertama

NASA pun mengimbau kepada seluruh karyawannya untuk selalu waspada terhadap segala bentuk penipuan.

NASA mengalami beberapa pelanggaran data besar beberapa tahun terakhir, tepatnya pada 2011 dan 2016.

Hal ini menunjukkan bahwa keamanan siber NASA harus makin ditingkatkan.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.