Sukses

Oppo Rilis ColorOS Terbaru, Dibekali dengan Machine Learning

Liputan6.com, Jakarta - Oppo baru saja mengumumkan kehadiran ColorOS generasi terbaru. Melalui ajang yang digelar di Shenzhen, Tiongkok, Oppo turut merayakan ulang tahun kelima dari ColorOS.

Dikutip dari GSM Arena, Senin (26/11/2018), varian terbaru ini akan mengusung nama ColorOS 6.0. Menurut Oppo, sistem operasi tersebut didesain untuk perangkat berdesain bezeless.

Kendati demikian, perusahaan asal Tiongkok itu menyebut ColorOS 6.0 juga dapat bekerja di perangkat lawas. Adapun OS baru ini didasarkan pada skema gradasi warna dengan latar belakang putih.

Pemilihan warna putih, menurut Oppo, dibuat untuk menciptakan suasana yang terbuka.

Font dalam ColorOS 6.0 juga diperbarui menjadi Oppo Sans, font yang dikembang Oppo bersama firma huruf Hanyi.

Sama seperti sistem operasi anyar lainnya, ColorOS 6.0 juga akan ditanamkan dengan machine learning. Nantinya, sistem ini akan mempelajari kebiasaan pengguna untuk memberikan pengalaman lebih baik.

Rencananya, sistem operasi ini akan meluncur pada 2019. Sayangnya, Oppo belum mengungkap daftar perangkat yang siap mendukung ColorOS 6.0.

2 dari 3 halaman

17 Smartphone Oppo Bakal Makin Ngebut Berkat Update ColorOS Terbaru

Sebelumnya, Oppo mengumumkan sebuah software engine untuk mengoptimasi performa perangkat. Software tersebut bernama Hyper Boost.

Hyper Boost mengoptimasi performa perangkat dari tiga sisi, yakni sistem, aplikasi, dan saat smartphone dipakai untuk main gim.

Lantas perangkat apa saja yang bakal kebagian performa kencang berkat lewat pembaruan ColorOS versi 5.2.1 ini? Berikut ada sejumlah smartphone yang dimaksud sebagaimana dikutip dari Gizmochina, Rabu (17/11/2018).

Pertama dan yang sudah pasti adalah Oppo R17 dan R17 Pro. Keduanya dipastikan menjadi smartphone pertama Oppo yang menerima Hyper Boost melalui update software.

Tidak hanya itu, flagship smartphone Oppo Find X juga dijadwalkan akan mendapatkan engineHyper Boost per bulan ini.

Sementara di November, smartphone Oppo lainnya seperti Oppo R11, Oppo R11 Plus, R11s, R11s Plus, Oppo A83, dan Oppo A1.

Bulan berikutnya, yakni Desember, Oppo akan menggulirkan update ColorOS versi terbaru untuk perangkat seperti Oppo R9s, Oppo R17, Oppo R15 Dream Mirror Edition, Oppo A5, Oppo A79, dan Oppo A73.

Selanjutnya pada Januari 2019, sejumlah perangkat seperti Oppo R9s Plus, Oppo A77, dan Oppo A3 akan kebagian update yang sama.

3 dari 3 halaman

Apa Itu Hyper Boost?

Hyper Boost merupakan teknologi GPU Turbo versi Oppo. GPU Turbo telah tersedia di sejumlah smartphone Huawei dan Honor.

Teknologi Hyper Boost Behavior Aware Scheduling (BAS) mampu mengatur frekuensi perangkat keras dalam 0,2 milidetik pada smartphone.

Dengan teknologi ini, Oppo mampu meningkatkan kinerja perangkat secara signifikan bagi smartphone yang kebagian update Hyper Boost.

Oppo mengklaim, dengan Hyper Boost, waktu loading perangkat saat membuka aplikasi bisa lebih cepat hingga 31,9 persen.

Sebelumnya, untuk pengalaman main gim yang dioptimalkan, Oppo bekerja sama dengan Tencent, Netease, Unreal, Unity dan berbagai perusahaan gaming lain untuk memastikan ketika bermain gim menjadi anti nge-lag.

Salah satunya berkat dukungan Hyper Boost dan fitur AI ke dalamnya.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: