Sukses

Samsung Siapkan Layar Laptop Lipat

Samsung Electronics sedang mengembangkan bentuk baru laptop, termasuk dengan layar yang bisa dilipat.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Electronics sedang mengembangkan bentuk baru laptop, termasuk dengan layar yang bisa dilipat. Hal ini merupakan salah satu upaya agar inovasi produk PC bisa sejalan dengan perubahan pasar perangkat mobile.

Informasi tentang laptop lipat itu disampaikan oleh Vice President Marketing for PC Samsung, Lee Min-cheol.

"Sama seperti smartphone lipat, Samsung bekerja sama dengan sejumlah produsen layar untuk mengembangkan laptop dengan layar yang bisa dilipat," kata Lee seperti dikutip dari Korea Herald, Sabtu (27/10/2018).

"Tidak hanya karena layar yang bisa dilipat, tapi juga menciptakan nilai dan pengalaman pengguna baru di tengah tren pasar laptop yang berubah."

Keputusan Samsung masih mempertahankan bisnis PC di dalam divisi komunikasi IT dan mobile pun dipertanyakan. Terlebih lagi, pasar PC juga mulai melemah.

Menurut Lee, Samsung sejauh ini masih memiliki porsi besar di pasar PC. Diungkapkannya, Samsung saat ini menjual sekira 3,2 juta PC per tahun, terutama di Korea Selatan, Amerika Serikat, Tiongkok dan Brasil dengan total 45 persen dari seluruh pasar PC.

"PC memainkan peran sentris di produk IT dalam meningkatkan konektivitas dengan perangkat mobile, jadi kami akan terus mengembangkan PC inovatif dengan berbagai mitra seperti Intel, Microsoft dan KT," jelas Lee.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Samsung Tertarik Rilis Tablet Lipat

Selain laptop, Samsung sebelumnya dilaporkan sedang menyiapkan smartphone dan tablet dengan konsep serupa. Menurut informasi baru, Samsung dilaporkan tertarik menghadirkan tablet lipat, jika nanti Galaxy F - nama smartphone lipatnya- sukses di pasar.

Informasi tentang tablet yang bisa dilipat ini berasal dari beredarnya paten tentang perangkat tersebut. Paten ini diajukan pada April 2018 di Amerika Serikat (AS), tapi sampai saat ini belum dipublikasikan.

Paten ini menggambarkan sebuah perangkat yang ketika tidak dilipat, bisa digunakan seperti tablet tradisional. Jika pengguna hanya ingin menggunakan satu sisi layar tablet, maka perangkat bisa dilipat dan secara otomatis UI akan berubah seperti menggunakan smartphone.

Pada keterangan paten, konsep tablet ini memanfaatkan dua grip mirip bezel di kedua ujung sisi layar. Dari tampilannya, grip tersebut dibuat dari aluminium, sama seperi bodinya. Bagian tengah panel belakang memiliki mekanisme seperti engsel.

Mengingat perangkat lipat masih baru dan belum teruji di pasar, perusahaan berharap mendapatkan reaksi bagus pada awal kehadiran Samsung Galaxy F. Jika smartphone itu berhasil, perusahaan kemungkinan besar akan memberikan lampu hijau untuk peluncuran tablet lipat.

3 dari 3 halaman

Samsung Bakal Pamer Smartphone Layar Lipat Bulan Depan

Kabar Samsung akan memperkenalkan smartphone layar lipat pertamanya bulan depan kembali muncul. Perusahaan asal Korea Selatan itu berencana memperlihatkan prototype smartphone itu di acara konferensi developer Samsung pada November 2018.

Samsung juga telah menyinggung rencana kemunculan produk tersebut di Twitter. Isu kehadiran smartphone layar lipat perdana besutan Samsung ini sudah ramai dibicarakan. Beberapa waktu lalu, DJ Koh selaku Head of IT & Mobile Communications (IM) Division Samsung, membenarkan perusahaan tengah menggarap smartphone layar lipat.

"Kami hampir selesai (mengembangkan smartphone layar lipat Samsung)," ujar DJ Koh dalam wawancara khusus kepada Tekno Liputan6.com di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (12/10/2018).

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.